Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Rekomendasikan Pengobatan Gratis Bagi Gakin

 
25 Januari 2013

Suara Indrapura : Sekitar 1 juta warga miskin Jatim terancam tidak mendapat pelayanan pengobatan secara gratis. “Kami masih mengupayakan agar kekurangannya dapat segera teratasi,” ujar anggota Komisi E DPRD Jatim, Hery Prasetyo.

Melalui rekomendasi anggota legislatif, warga miskin yang tidak masuk Jamkesmas maupun Jamkesda diusulkan dapat tetap berobat gratis. Rekomendasi tersebut dapat diberikan sesuai dengan Daerah Pemilihan (Dapil).

Politisi Partai Demokrat, Hery Prasetyo mengungkap bahwa masih ada sekitar 1 juta warga miskin di Jatim yang belum tercatat sebagai peserta Jamkesmas. Hal ini disebabkan adanya permasalahan mengenai data warga miskin penerima Jamkesmas. “Awalnya ada 5,06 juta warga miskin yang tidak tercatat Jamkesmas. Tapi informasi terakhir, hampir 90% diantaranya sudah dimasukkan (Jamkesmas),” ujar Hery.

Mengingat bahwa tidak semua warga miskin di Jatim masuk Jamkesmas, Hery mengusulkan agar 100 anggota DPRD Jatim diberi kewenangan dalam perekomendasian warga miskin guna mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Karena selama ini warga miskin yang tidak masuk Jamkesmas dan ingin mendapat pelayanan gratis, masih harus berhadapan dengan birokrasi yang bertele-tele. Oleh karena itu, rekomendasi ini merupakan upaya penyederhanaan rantai birokrasi yang dirasa terlalu panjang, namun tetap harus tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. “Rekomendasi ini hanya diberikan kepada warga miskin yang tidak masuk Jamkesmas. Cukup dengan rekomendasi saja,” tandas anggota Komisi E DPRD Jatim ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, dr Budi Rahaju MPH mengaku bahwa data Jamkesmas yang ditargetkan selesai pada tanggal 31 Januari ini, masih diverifikasi dan divalidasi di kabupaten/kota. “Tapi sampai sekarang belum ada satupun yang selesai.” kata Budi. Untuk tahun 2013, warga miskin yang tercover Jamkesmas sejumlah 14.001.871 jiwa. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved