Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi A, Lakukan Pengawalan Kasus Sengketa Lahan PT Garam

 
22 Januari 2013

Suara Indrapura : Sengketa lahan garam antara petani garam dengan PT Garam terus saja berlanjut. Untuk menyelesaikan persoalan pelik ini, Anggota Komisi A DPRD Jatim dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) Jalalludin Alham bersama jajaran komisi yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan ini, mengawal kepentingan rakyat Madura bertemu Gubernur Jatim, Soekarwo.

“Kami akan kawal, persoalan yang menimpa warga Madura yang saat ini, sedang terlibat sengketa dengan PT Garam, terkait rebutan lahan garapan. Jika tidak segera diberikan solusi, sengketa tersebut tidak akan segera berakhir,” terang Jalalludin Alham.
Jalalludin Alham yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo tersebut, mengaku sangat serius membela kepentingan rakyat. Apalagi, selama dirinya menjabat sebagai legislatif di Sidoarjo, juga pernah mengawal kepentingan warga Sidoarjo yang menjadi korban banjir lumpur panas akibat eksplorasi gas PT Minarak Lapindo Brantas.
“Saya kira persoalan warga Madura harus terus dikawal ketat, agar mereka mendapatkan haknya. Seperti saat saya mengawal kepentingan warga Sidoarjo yang menjadi korban banjir lumpur dan menenggelamkan banyak desa,” tandas politisi alumnus UWKS ini serius.
Jalalludin melihat, konflik antara petani garam dengan PT Garam tidak kunjung selesai, karena tidak ada keseriusan menyelesaikan kasus sengketa lahan tersebut. Bahkan, kesepakatan tahun 2004 antara pemprop dengan petani garam serta PT Garam, ternyata dianggap rakyat Madura tidak direalisasikan. Seperti kebutuhan memberikan lahan untuk pengelolaan garam ke rakyat. “Yang terjadi saat ini, PT Garam tidak memberikan lahan pada warga yang selama ini berjuang menuntut haknya. Sehingga, konflik sengketa lahan tersebut terus saja berkepanjangan,” tegas Jalalludin. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved