Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Delapan Belas Perda Belum Sempurna

 
18 Januari 2013

Suara Indrapura : Peraturan Daerah (Perda) yang selama ini dibahas dengan menghabiskan dana puluhan hingga ratusan miliar hanya menjadi ‘macan kertas’, ibarat kurang sempurna dan masih banyak kelemahannya, alat penegakan regulasi ini unsur cantolannya belum ada padahal ini penting dalam tahap pembuatan sebuah perda yang berbobot. Sampai saat ini masih ditemukan ada 18 Perda yang belum dilengkapi Peraturan Gubernur (Pergub). Sejauh ini memang tidak ada aturan yang mengharuskan perda disertai pergub. Akan tetapi perda yang diterbitkan selalu mencantumkan kebutuhan akan pergub untuk menjalankannya. Sehingga perda yang tanpa dilengkapi dengan pergub tidak bisa berjalan dan berfungsi dengan baik.
Dari penelusuran Badan Legislatif (Baleg) DPRD Jatim, sejak 2011 lalu hanya ada dua perda yang dilengkapi dengan pergub. Perda tersebut adalah Perda No 1/2011 tentang Penagihan Paksa Wajib Pajak dan Perda No 4/2011 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).
“Memang hanya ada dua perda yang sudah diterbitkan pergub,” kata anggota Fraksi PKS DPRD Jatim Yusuf Rohana usai rapat Baleg dengan Pimpinan Fraksi dan Pimpinan Dewan. Sedangkan perda yang belum ada Pergubnya total ada 18 Perda. Anggota Fraksi PKS lainnya Irwan Setiawan menambahkan, ada jangka waktu penerbitan pergub dari pengesahan perda. Biasanya pergub harus sudah ada dalam jangka waktu enam bulan dari pengesahan perda, namun ada juga yang hanya tiga bulan seperti Perda tentang Rendemen dan Hablur Tebu.
Dalam pertemuan tersebut akhirnya memutuskan bahwa untuk mengatasi masalah tersebut maka setiap komisi diminta untuk mengingatkan SKPD-SKPD yang menjadi mitranya supaya segera menindak lanjuti pergub. Baleg juga kebagian tugas untuk mempertanyakan ke Biro Hukum Pemprov Jatim mengapa belum ada pergub. (darul)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved