Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim : Rembuk Pembentukan Pansus Untuk Kelola Dana Banjir

 
14 Januari 2013

Suara Indrapura : Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan, biasanya terjadi di kota-kota besar atau lingkungan yang kurang terawat khususnya sampah yang berserakan dimana-mana, hingga terjadi banjir. Hal ini membuat kalangan DPRD Jatim mempersoalkan bahkan berniat untuk menggagas pembentukan pansus pengendalian banjir di Jatim.

Hal ini penting untuk menanggulangi bencana alam di daerah Jatim.

Padahal  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Pemprov Jatim dalam menangani perasoalan banjir di Jatim padahal sudah digerojok dana Rp56 miliar, namun kenyataannya berbuntut kegagalan dalam menangai masalah banjir di wilayah Jatim, contoh banjir tahunan yang ada di daerah Bojonegoro dan Tuban.

Nizar Zahro, Anggota Komisi D DPRD Jatim mengungkapkan, banjir yang masih melanda sebagai wilayah Jatim adalah bentuk kegagalan program tersebut. Seharusnya dengan anggaran yang tidak sedikit tersebut, program pengendalian banjir sudah membuahkan hasil.

Namun, lanjut pria asal Madura ini, sampai saat ini, banjir masih terus terjadi dan seakan tidak pernah terpecahkan.”Yang patut menjadi pertanyaan adalah penggunaan anggaran pengendalian banjir tersebut seperti apa? Maka tidak menutup kemungkinan untuk membentuk pansus penanggulangan banjir,” tegas Nizar.

Anggota Komisi D DPRD Jatim lainnya Irwan Setiawan menambahkan indikasi kegagalan program penanggulangan banjir juga bisa dilihat minimnya penuntasan dari genangan banjir,”Program rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan alur sungai,prasarana pengendalian banjir, tanggul dan normalisasi sungai masih gagal dilakukan,”tutur Irwan. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved