Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perda Rendemen Lindungi Petani Tebu

 
10 Januari 2013

Suara Indrapura : Pengesahan Perda tentang peningkatan Rendemen dan Hablur Tanaman Tebu diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi tanaman tebu sebagai bahan dasar gula di Jatim. Selama ini, keberadaan tanaman tebu selalu menjadi monopoli banyak kepentingan pemilik modal. Akibatnya petani tetap saja hidup dibawah garis kemiskinan.

Sementara pemilik modal yang mampu menguasai kepentingan gula dan tanaman tebu bisa hidup sejahtera.
“Regulasi ini akan mampu mengurai siapa yang akan mampu melakukan peningkatan dan bagaimana meningkatkan rendemen dan hablur tanaman tebu,” ungkap juru bicara Fraksi PAN DPRD Jatim Basuki Babussalam, kemarin.
Bagi Basuki, pengesahan  perda ini merupakan langkah maju. Meningkatkan, perda ini akan bisa jadi payung hukum untuk mengatur rendeman dan hablur tanaman tebu di Jatim. Pengaturan ini penting dilakukan sejak awal, mulai dari penyediaan lahan, penyediaan bibit unggul, perlakukan, pengelolaan serta pemeliharaan tanaman tebu, hingga proses pengelolaan yang dilakukan manajemen industri gula.
“Khususnya mencakup persoalan sistem dan proses penentuan kadar rendemen dan hablur tanaman tebu. Minimal bisa dicapai pada tahun ketiga setelah Raperda Rendemen dan Hablur Tanaman tebu dijadikan peraturan daerah,” terang Basuki.
Sementara itu, juru bicara Fraksi Persatuan Pembangunan Reformasi (FP2R) Ahmad Nizar Zahro mengaku optimistis rumuskan perda ini mampu menciptakan aturan pelayanan Pemerintah Provinsi Jatim untuk terlibat secara aktif dalam peningkatan mutu rendemen dan hablur tanaman tebu di Wilayah Jatim.
“Perda yang digagas ini bukan instrument bagi pabrik gula untuk melakukan oksploitasi terhadap petani tebu,” tegasnya.
Karena itu, Nizar Zahro berharap perda ini mampu menciptakan standar kualitas tebu. “Peningkatan mutu rendemen dan hablur tanaman tebu harus mampu menjalin peningkatan kesejahteraan rakyat,” tegas Nizar.(Umi)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved