Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

13 Pemilukada di Tahun 2013

 
09 Januari 2013

Suara Indrapura : Setelah melaksanakan hajatan rakyat (Pemilukada) pada 2012 kini ditahun 2013 teragendakan 13 Pilkada Kabupaten dan Kota di Jatim. Tahun 2013 akan menjadi tahun paling politis di Jawa Timur, sebab selain akan ada perhelatan akbar pilgub Jatim 2013. Beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur juga akan melaksanakan hajatan pilkada yang jumlahnya mencapai 13 kabupaten dan kota.

Ke-13 daerah di Jatim yang akan menggelar pesta demokrasi lima tahunan itu antara lain Kabupaten Pamekasan (9/1), Tulungagung (31/1), Pasuruan (3/3), Magetan (24/4), Bondowoso (6/5), Kota Malang (23/5), Kabupaten Madiun (25/5), Lumajang (29/5), dan Jombang (5/6). Sementara empat kota lainnya akan menggelar pilkada bersamaan dengan pilgub Jatim 2013.

Keempat kota yang akan melakukan pilkada bersamaan dengan pilgub jatim 2013 adalah Kota Probolinggo, Madiun, Mojokerto, dan Kediri. Keempatnya akan menggelar pemilukada pada 29 Agustus mendatang. “Jadi tahun 2013 ini, Jatim akan semarak dengan penyelenggaraan pemilukada. Kondisi ini membuat kami harus kerja keras agar pesta demokrasi ini berjalan sukses semua,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Nadjib Hamid.

Menurutnya bahwa untuk sejumlah daerah yang pilkadanya akan digelar pada Januari ini, sudah mulai menggelar tahapan. Sementara untuk logistic, tergantung masing-masing KPU setempat. Ditambahkan, dari sejumlah daerah tersebut, untuk pemilukada di wilayah Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Lumajang akan ditangani langsung oleh KPU Jatim.

Alasannya, KPU di dua daerah tersebut sedang bermasalah. Sehingga, keputusan yang diambil tidak bisa kuorum. “Untuk Kabupaten Pamekasan dan Lumajang, plenonya diambil oleh KPU Jatim. Untuk KPU Pamekasan, masih ada tiga orang sehingga teknisnya masih bisa dilakukan oleh KPU setempat. Tapi, keputusan plenonya tetap oleh KPU Jatim,” terangnya.

Sementara itu, Marcus Remiasa Wakil Ketua Komisi A Jatim mengatakan, Komisi A yang membidangi Hukum dan Pemerintahan akan mengawal pemilukada di 13 Kab/kota di Jatim ”kita akan koordinasikan dengan KPUD Kab/Kota setempat, sejauhmana kesiapan yang telah dilaksanakan” ujarnya. Pihaknya berharap pemilukada digelar dengan baik. Mulai masa tahapan hingga selesainya pilkada dapat berlangsung aman dan lancar dan kondusif, pungkasnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved