Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi E Desak Gubernur Selesaikan Tuntutan Kesejahteraan Buruh

 
08 Januari 2013

Suara Indrapura : Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, semakin berkembang  Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia, kemarin siang kamis (3/1) melakukan aksi unjuk rasa, di DPRD Jatim guna menuntut kesejahteraan. Upah minimum sektoral kabupaten  daerah sesuai Ring satu yang meliputi Kota Surabaya, Kab Gresik, Kab. Sidoarjo, Kab. Pasuruan, Kab. Mojokerto. Dalam tuntutan buruh tertulis  sebesar 10%-30% lebih besar dari upah minimum kota, ini berarti nilai nominal rupiah sebesar 1.870.000 rupiah sampai dengan 2.262.000 rupiah.
Saat diterima oleh pimpinan Komisi E bidang Kesejahteraan Masyarakat, perwakilan buruh menyampikan aspirasinya langsung terkait tuntutan upah minimum sektoral hingga hari ini belum dapat persetujuan dari gubernur.
Djamalludin, ketua MPBI mengatakan kedatangan ke DPRD Jatim guna meminta bantuan menyampaikan aspirasi buruh pada gubernur, terkait  sistem pengupahan. Upah sektoral pertama yakni  sistem upah minimum berbasis  wilayah, UMP dan UMK, kedua upah minimum berbasis sektoral, tujuannya ialah hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga, “upah sektoral perlu diberlakukan bagi daerah industri yang memiliki nilai tambah lebih”. Sesuai tuntutan buruh meminta kebijakan pada upah buruh sesuai ring satu khusus  daerah di 5 Kab.Kota, tidak semua 38 Kab Kota Jatim. Katanya. Kesejahteraan buruh era sekarang selayaknya  ingin semakin diperhatikan dan ada nilai tambah. Lanjutnya
Sementara itu, Ahmad Iskandar, selaku ketua fraksi Demokrat begitu menerima dan memperhatikan aspirasi buruh dalam waktu dekat segera mengadakan  pertemuan bersama eksekutif melakukan rapat hearing dan mengundang teman-teman perwakilan buruh untuk membahas sistem pengupahannya, “ini harus kita kawal kebijakan yang memihak pada buruh, agar Jawa timur tetap konduisip, aman, tentram, buruh jadi sejahtera”. Komunikasi seperti ini harus tetap dijaga. Ujarnya (Mukriel)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved