Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bambang Harianto, Beri Modal Rintis Koperasi Bagi Abang Becak

 
07 Januari 2013

Suara Indrapura : Reses ketiga anggota dewan dari DPRD Jatim, yang berangkat dari dapil delapan ini melakukan tugas kedewanan dengan mengadakan pertemuan bersama masyarakat di daerah pemilihannya sendiri, seraya menampung aspirasi langsung dari masyarakat. Dalam reses ketiga ini merupakan reses terakhir di penghujung tahun 2012, karena setiap empat bulan sekali masa reses itu dilakukan oleh seratus anggota dewan yang ada di Provinsi Jatim.

Dalam pertemuannya nampak puluhan asosisi perkumpulan becak yang berasal dari wilayah Kertosono, Nganjuk, dan sekitar untuk menghadiri undangan reses sabtu (22/12) yang berlangsung di Dusun Pancar Desa Demangan, Tanjunganom Nganjuk.

Bambang Harianto, SH anggota dewan yang berangkat dari Fraksi PDIP ini mengatakan, “santunan modal ini sifatnya pribadi bukan dari pemerintah daerah, dan harapannya nanti agar dapat memberi manfaat kedepan, santunan ini ikhlas diberikan” Ujarnya.

Modal pertama senilai lima juta rupiah  ini tentunya wujud kepedulian sosial yang tinggi, dan menambah rasa persaudaraan, guyup rukun antara sesama asosiasi perkumpulan becak. Selain itu, santunan juga diberikan bagi 1000 anak-anak yatim yang tergabung dalam  reses salah satu anggota dewan  dari Dapil VIII  Erwin Budioto yang mengundang anak-anak yatim piatu yang ada di desa Warujayeng. Lanjutnya

Ketua Asosiasi Becak, Wono menambahkan, “alhamdulilah para abang becak diperhatikan, namun ibu-ibu rumah tangga juga dapat perhatian, Ujarnya singkat.

Romo Bahar sapaan akrab sehari-hari menambahkan, reses berikutnya nanti 2012 gilirannya ibu-ibu dapat santunan modal usaha, selain itu dirinya menjelaskan bahwa pertama guru yang mendidik, kedua anak yang sholeh yang mendoakan orang tua, ketiga benda yang diwakafkan untuk kepentingan sosial, “misalnya tikar yang selalu dimanfaatkan untuk jamaah yasin, kayu yang diwakafkan  untuk pendirian masjid,Paparnya.

Sementara itu Erwin Budiyoto, salah satu anggota dewan dari dapil VIII yang berasal dari Fraksi Gerindra ini menambahkan, namanya wakil rakyat apa yang menjadi permintaan dari rakyat, keluh kesah dari masyarakat sudah barang tentu menjadi tugas dari dewan membuat program yang memihak rakyat. “modal awal yang diberikan ini, jika dapat dimanfaat dengan baik guna mendirikan koperasi maka modal selanjutnya akan ditambah lagi”. Ujarnya

Sadi, RT warga Banaran Rt 01 Rw 03, ini meminta tidak hanya warga demangan yang selalu diperhatikan namun sekitarnya juga giliran diperhatikan, katanya.

Terpisah Romo Bahar, menjelaskan inisiatif pendirian koperasi juga ada di sekitar pasar Sono Betek, wilayah Kediri “wujud koperasi ini dapat berkembang jika anggota ikut membesarkan koperasi dan senantiasa menjaga rasa persaudaran, kerukunan antar sesama anggota, “ dirinya mengatakan bahwa kerukunan sesama warga agar tetap terjaga, “padange jagat amung gumantung laku lan roso, artinya ketentaman didunia itu hanya tergantung pada tingkah laku dan budi pekerti yang baik. Kerukunan itu berawal di jaga dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, tempat tinggal sendiri. Katanya (Mukriel)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved