Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Perhatikan Keinginan Masyarakat Pinggiran Kota

 
07 Januari 2013

Suara Indrapura : Masa reses ke tiga jasmas (jaring aspirasi masyarakat) dapil delapan anggota dewan DPRD Jatim, banyak masukan, pertanyaan, maupun permintaan dari masyarakat yang ditujukan pada wakil rakyat dari daerah pemilihannya. Salah satu anggota dewan DPRD Jatim yang berangkat dari Dapil VIII Soeharto, Rabu (19/12) melakukan reses di Desa Payaman, Nganjuk untuk menemui masyarakat guna menyerap aspirasi.

Saat pertemuan reses Soeharto, mengatakan jalin komunikasi dan koordinasi seperti ini jangan sampai pernah putus karena ini sama artinya memutus tali silahturahmi kita, peran serta para perangkat desa dan masyarakat dalam menghadiri reses seperti ini patut mendapat apresiasi.”ini tentu agar soliditas masyarakat bersama wakil rakyat semakin tetap kondusip terjamin. Ujarnya.

Selain itu permasalah korupsi yang begitu disorot oleh media seperti yang ada di ranah partai politik, pemerintah pusat, dan daerah dirinya berpesan ini harus disikapi dengan bijak dan tidak memunculkan isu masalah baru, “Orang yang salah harus dihukum, biarlah aparat penegak hukum di negeri ini menegakkan hukum dengan seadil-adilnya, masyarakat sekarang juga semakin cerdas menilai pemimpin yang baik, serta mengutamakan kepentingan rakyatnya sendiri. Lanjutnya

Terpisah, pertama terkait dunia pendidikan kita yang semakin berkembang pemerintah memberikan kucuran bantuan program yang dikenal dengan BOS (bantuan operasional sekolah), pendidikan gratis bagi anak yatim yang tidak sekolah, jaminan kesehatan masyarakat miskin dan bidang lain seperti ekonomi, kemanan yang semakin terjamin,”aspek sarana dan prasarana juga dapat perhatian misal di Jatim pada anggaran 2012 Gubernur jatim, melihat dari insfrastruktur jalan sejumlah 29 Kabupaten sebagian besar jalannya rusak.

Saat rapat paripurna ia merekomendasikan satu Kab dianggarkan 5 miliyar rupiah untuk membagun jalan, dikalikan jumlah kabupaten. Pembangunan di Jatim sendiri juga banyak dapat penghargaan oleh pemerintah pusat, 2010 Gubernur Jatim Drs.H Soekarwo juga dapat penilaian WTP (wajar tanpa pengecualian) oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), 2011 juga sama ini artinya secara administrasi pemerintahan Jatim bisa dikatakan tertib secara adminsistrasi, selain itu pondok pesantren madrasah diniyah juga dapat program bantuan, ada lagi Ponkesdes (pondok kesehatan desa), jika dulunya satu kecamatan ada satu puskesmas sekarang sudah direncanakan setiap desa ada unit puskesmas, sehingga mempermudah pelayanan kesahatan pada masyarakat. Paparnya
Dengan adanya pertemuan reses seperti ini tentunya ada kedekatan ikatan batin dengan masyarakat, sehingga ini perlu di jaga. Saat melakukan reses di  Di Desa Watudakon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.
Setiyono, Ketua RT Dusun Rembuk Wangi ini mengatakan,  masih banyak persoalan-persoalan diantaranya adalah masalah irigasi pengairan pertanian yang tidak lancar karena banyak dam-dam yang kondisinya sudah rusak serta masalah infrastruktur jalan yang belum ada rencana pengerjaannya karena anggaran kas desa (AKD) yang terbatas, juga masalah pencemaran air sungai di desa watudakon karena terkontaminasi limbah dari pabrik pengolahan yang ada disekitar desa, selain itu persoalan masalah drainase sepanjang 550 meter dan sudah dilakukan pengerjaannya sepanjang 150 meter dan sisa 400 meter yang belum selesai pengerjaannya karena karena terbatasnya anggaran kas desa (AKD) mohon kepada Anggota Dewan khususnya dari Daerah Pemilihan VIII untuk dapat dianggarkan bantuan lewat APBD Provinsi. Katanya.
Aspirasi seperti ini nanti yang akan di kawal oleh Dewan dalam menentukan kebijakan, Perda, serta memperhatikan keinginan masyarakat agar kedepan semakin sejahtera. (Mukriel)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved