Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Hadapi Pileg 2014, Target Prolegda Turun

 
09 Januari 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 09/01)

Suara Indrapura : Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Jawa Timur Zainal Arifin menyatakan, tahun 2014 ini kinerja dewan hanya sampai bulan Agustus saja. Karena itu, sangat wajar jika target Prolegda diturunkan. “Masa kerja tahun ini memang lebih pendek, hanya 8 bulan saja. Bulan September sudah pelantikan anggota dewan baru hasil Pileg 2014,”ujarnya, Rabu(8/1).

Dia mengungkapkan, penyelesaian Raperda 2013 lalu bisa disebut sebagai rekor dalam sejarah. Pasalnya, dari 25 Raperda yang masuk Prolegda, 17 diantaranya berhasil di sahkan menjadi Perda.

“Kami berhasil menuntaskan 70 persen Raperda yang masuk Prolegda. Tiga kali masuk persidangan dalam satu tahun, sukses mengesahkan 17 Perda. Ini sangat produktif,”ucapnya.

Berkaca dari kinerja tahun 2013 tersebut, politisi Partai Golkar ini optimistis jika target Prolegda tahun ini minimal terealisasi 70%. Kalkulasinya, rata-rata disetiap masa persidangan mampu menghasilkan 6 sampai 7 Perda.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengusulkan agar Baleg disamakan dengan alat kelengkapan dewan yang lain yakni Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus). Kemungkinan alat kelengkapan dewan ini harus dipimpin oleh Pimpinan Dewan supaya lebih produktif.

“Fungsi Legislasi ini merupakan salah satu fungsi utama dewan, jadi ini harus dipimpin oleh pimpinan dewan. Kami yakin, kalau seperti itu, Baleg menjadi lebih produktif,”pungkasnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved