Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lima Proyek Besar Dukung Pertumbuhan Ekonomi Jatim

 
10 Maret 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 10/03)

Suara Indrapura : Anggota DPRD Jatim mendesak Pemprov Jatim, lebih serius dalam perbaikan infrastruktur. Sejumlah akses penting yang masih dalam pengerjaan agar dipercepat hingga rampung.

Hal tersebut dinilai penting, agar target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen pada 2019 dapat  terwujud. “Gubernur Jawa Timur lewat draf RPJMD (Rencana Program Jangka Menengah Daerah) menargetkan pertumbuhan sebesar 8 persen. Kami dari legislatif menyambut baik upaya eksekutif tersebut,” kata Ketua Pansus RPJMD, Agus Dono Wibawanto kemarin.

Hanya saja, masih kata Agus, seluruh piranti harus dipersiapkan secara matang. Agus juga menambahkan, ada lima proyek penting di wilayah Jatim yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi tersebut. Di antaranya pengerjaan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Lalu pengerjaan akses-akses jalan Gempol-Pandan, Pandaan-Malang, Gempol-Pasuruan, serta Pasuruan-Probolinggo. Diluar itu juga ada pelabuhan Teluk Lamong, jalan Lingkar selatan (JLS) yang juga masih dalam proses pengerjaan.

Agus berharap agar Pemprov Jatim menyusun langkah dan kebijakan strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi tersebut. Misalnya dengan mendekatkan kawasan industri pada jalur transportasi seperti pelabuhan dan akses tol.

“Bila perlu bikin zona industry secara khusus, tentu yang berdekatan dengan akses transportasi. Dengan begitu, mobilisasi barang, baik ekspor maupun impor dapat berjalan lancar. Tak perlu menganggu jalur darat yang cenderung macet,” tegas Dosen Sosiologi dan Hukum UWK Surabaya ini.

Agus mencontohkan, posisi Surabaya Industri Estate Rungkut (SIER) yang berada di tengah kota Surabaya udah tidak efektif lagi sebagai sentra industry. Akan lebih bagus jika pusat  industri tersebut dipindah ke lokasi yang lebih strategis, seperti Manyar, Gresik.

Ini karena posisinya berdekatan dengan akses tol serta pelabuhan Teluk Lamong. Politisi partai Demokrat ini juga menjelaskan. Ekspor antar pulau di Jawa Timur saat ini sudah cukup membanggakan, yakni sebesar 67 persen. Kondisi ini, kata Agus harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur yang memadai. Terpisah, Gubernur Jawa Timur Soekarwo optimistis sejumlah proyek infrastruktur tersebut akan selesai pada 2015 nanti, khususnya untuk JLS dan Tol Sumo.

Soekarwo menyatakan, problem pembebasan lahan untuk dua akses tersebut proses penyelesaian. Untuk tol Sumo misalnya, sudah ada appraisal (taksiran) baru untuk harga tanah milik warga.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved