Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus RPJMD Ditarget Waktu Terbatas

 
26 Maret 2014

DPRD Jatim Online (Rabu ; 26/03)

Suara Indrapura :  Sekretaris Pansus RPJMD, Muchtar menyampaikan pelibatan DPRD dalam pembahasan RPJMD sebagai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) No.8/2008. Dimana waktu yang terbatas dialokasikan kepada pansus tentu tidak mungkin dilakukan kajian secara komprehensif pada seluruh isi dokumen.

"Keadaan situasional ini, menjadi catatan berharga. Karena pada tataran implementasi setiap tahunnya perlu dilakukan diskusi lebih serius antara eksekutif dan DPRD ketika menyusun RKPD atau APBD," terang Muchtar.

Disampaikan Muchtar, RPJMD perlu dikuatkan dengan Perda, sebagai hakikat garis besar haluan daerah, berikut indikator pendanaan perjalanan Jawa Timur untuk lima tahun ke depan. "Sehingga, ini penting disepakati antara eksekutif dan legislatif. Sebab dengan peraturan daerah, sudah semestinya RPJMD memiliki tanggungjawab bersama pemerintah daerah," kata dia.
Penyusunan RPJMD bertujuan memberikan landasan/pedoman bagi penyusunan renstra RKPD propinsi Jatim Tahun 2015. "Untuk itu, Perda RPJMD akan digunakan sebagai acuan bagi pembahasan APBD tahun 2015 yang akan dibahas tepat waktu dalam rentan bulan April sampai dengan Juni 2014," katanya.

Lanjut Muchtar, pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ditetapkan melalui keputusan DPRD Jatim No 188/04/KTPS-DPRD/060/2014 membuat kinerja pansus dipercepat. "Upaya ini, dilakukan untuk mengawal kebutuhan pembangunan di Jawa Timur.  Apalagi RKPD propinsi Jatim juga ditunggu Kabupaten/kota sebagai acuan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2015, yang pada bulan Maret 2014 sudah dilakukan Musrenbang Kabupaten/Kota," urai dia.

Terkait tinjauan visi-misi strategi umum indikator kinerja dan program unggulan RPJMD, terkait RPJP daerah, Panitia Khusus melihat ada sedikit pergeseran antara visi RPJMD daerah tahun 2005-2025 yang mentargetkan Jatim sebagai pusat agrobis terkemuka, berdaya saing global dan berkelanjutan dibanding dengan visi-misi Jatim pada RPJMD tahap ketiga tahun 2014-2019 yang fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat yang adil, kemandirian yang berdaya saing serta pembangunan akhlak sumber daya manusia.

"Oleh karena itu, pansus berharap pembangunan berbasis agrobis nantinya cukup jelas dituangkan dalam program tahunan yang berkelanjutan," tegas politisi asal Fraksi Partai Golkar ini serius. (day)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved