Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Ir. Bambang Suhartono : Semua Orang Sama Kedudukannya Yang Membedakan Hanya Moral

 
10 April 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 10/04)

Suara Indrapura : Legislator yang satu ini memang selalu berpenampilan kalem, tetapi selalu terlihat dandy. Sikap tegas begitu melekat ketika pria yang akrab disapa “Bambang Ger” ini, harus memutuskan kebijakan. Kiprah politikus alumni Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surabaya ini memang diawali sejak belia. Ketika usianya baru beranjak 22 tahun, Bambang sudah menjadi kader partai. Meski berlatar belakang Teknik Sipil, beliau ternyata mampu berkarier secara cemerlang di kancah politik. Tak heran pada tahun 1982 silam, beliau diberi amanah di Bangkordes.

Pada tahun 1996, Bambang bersama teman-temannya, diantaranya Bambang DH (Mantan Walikota Surabaya) dan Muchamad Basuki (Mantan Ketua DPRD Surabaya) mulai berjuang di PDIP. Atas perjuangannya membela penindasan Orde Baru (Orba) terhadap PDI pimpinan Megawati Soekarnoputri, Bambang didaulat menjadi Ketua Cabang PDI Gresik 1996 silam.

Mahasiswa S2 Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) jurusan Administrasi Pembangunan Daerah ini, dinilai sangat konsisten berjuang membela penindasan. “Semua orang sama kedudukannya, tukang becak, tukang batu, kuli, direktur, gubernur, anggota dewan sampai presiden adalah sama. Yang membedakan mereka adalah moralnya. Jadi, untuk apa kita membeda-bedakan mereka”, kata suami tercinta Siti Muafiah, dengan ramahnya.

Ketika ditanya soal karier politiknya, Bambang mengakui bahwa pendidikan formal sebagai insinyur sipil memang tidak ada kaitannya dengan karier politiknya. Menurut dia, pendidikan formal tidak bisa dijadikan patokan dalam berkarier, apalagi karier politik.

Bagi Bambang, pendidikan formal di bangku sekolah hanya sebatas background untuk mendewasakan seseorang. Selain itu, paparnya, “juga sebagai penambahan pengetahuan saja. Saya dalam sekolah tidak ada yang menonjol, apa sih yang bisa ditonjolkan. “Motto hidup saya adalah hidup sederhana”, dalam sisa hidup ini seluruh jiwa raga pada PDIP, secara keseluruhan untuk bangsa,” ujarnya serius. Saat ini, Bambang duduk sebagai Ketua Komisi D (Pembangunan) DPRD Jatim yang membidangi pembangunan. Lelaki pehobi membaca dan bertani  berupaya keras mendorong pembangunan Jatim. Saya juga aktif menertibkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) supaya Jatim ter-integrated ruang per ruangnya,” ujarnya serius.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved