Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Melihat Pemimpin Jangan Hanya Kulit Luar

 
10 April 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 10/04)

Suara Indrapura : Air tenang menghanyutkan, itulah pepatah yang pas diemban oleh deklarator Banleg DPRD Provinsi Jawa Timur saat ini. Beliau Sekjen Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Perjuangan Jawa Timur yang saat ini juga menjabat wakil ketua Komisi A, Bidang Hukum dan Pemerintahan pada DPRD Provinsi Jawa Timur.

Pria kelahiran Tebing Tinggi, 7 Desember 1958 ini terkesan tidak banyak bicara bahkan terkesan pendiam. Namun kesan itu akan hilang tatkala kita bertemu dan berbincang dengan beliau. Rasanya tidak salah jika masyarakat memilihnya kembali menjadi wakil rakyat di Jawa Timur. Beban tanggung jawab yang seolah tidak pernah surut. Beliau sadar bahwa sistem demokrasi yang dibangun saat ini mendorong beliau untuk lebih giat dalam bekerja. Oleh karena itu beliau berpesan pada teman-teman yang ada di Dewan jika sudah terjun di dunia politik hendaknya sungguh-sungguh, jangan sampai ada kesan menjalankan tugas kedewanan hanya sebagai sambilan atau setengah-setengah.

Kusnadi sosok wakil rakyat yang hangat, murah senyum, mudah akrab dan ramah terhadap siapa saja. Tidak mengherankan kalau setiap kuli disket selalu senang jika beraudiensi dengannya. Senyum adalah ibadah itu merupakan motto yang sampai saat ini masih dipegang teguh. Keakraban dan kepercayaan serta keramah-tamahan selalu menyanding dengannya. Hal inilah yang beliau terapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. “Jadi pada prinsipnya jika melihat seseorang jangan hanya dari luarnya saja “ wejang beliau sambil tertawa.

Gambaran ini menunjukkan bahwa kematangan dalam suatu organisasi sangat diperlukan, begitu juga dalam pendidikan.  Menurut beliau kesuksesan kinerja wakil rakyat bukan mutlak dilakukan wakil rakyat itu sendiri. Peran serta para staf dalam membantu tugas-tugas wakil rakyat juga menjadi salah satu penunjang kelancaran dan kesuksesan tugas-tugas kedewanan.

Dalam meniti karier, beliau diawali melalui Pegawai Negeri Sipil di rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya, kemudian beralih profesi sebagai tenaga pendidik. Lompatan ini terpaksa dilakukan karena menurut pandangannya basic yang dimiliki sulit dikembangkan di instansi rumah sakit. Gejala awal ini sudah menunjukkan bahwa professionalitas tetap di kedepankan walau harus menanggung dampaknya.

Pria yang juga dikenal sangat tegas, disiplin dan memiliki pendirian yang kuat ini menegaskan, “Bahwa wakil rakyat tidak asal datang, absen, menghadiri rapat dan melakukan kunjungan kerja. Seorang wakil rakyat juga tidak sekedar vokalis, wakil rakyat wajib mempunyai prinsip kuat dan tidak mudah goyah. Seorang Dewan harus jujur kepada rakyat”, papar Kusnadi mengakhiri pembicaraan.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved