Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Drs. Kuswiyanto, M.Si : Saya Amat Mencintai Dunia Pendidikan

 
11 April 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 11/04)

Suara Indrapura : Sebelum meniti karier di bidang politik, Legislator dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini waktunya dihabiskan pada dunia pendidikan. Melalui tangan dingin beliau,  citra SMU Muhammadiyah 2 Pucang menjadi salah satu sekolah favorit di Surabaya.

Pria kelahiran Ponorogo 13 Desember 1965 yang juga duduk di Komisi E bidang Kesejahteraan rakyat menyatakan, untuk mengembangkan dunia pendidikan diperlukan suatu perjuangan yang gigih. “Karena tantangan di kota besar seperti Surabaya ini jika tidak ditangani secara serius, maka akan menjadi bumerang pada diri kita sendiri. Pada dunia pendidikan tersimpan nilai penuh berkah. Itulah sebabnya, saya amat mencintai dunia pendidikan“ ujarnya dengan ramah.

Cinta pendidikan boleh diucap, akan tetapi biduk politis juga menggelitik hatinya. Sejak reformasi bergulir, beliau terjun ke panggung politik praktis dengan bergabung PAN. Menurut beliau menjadi anggota Dewan dan Pendidik sama saja, malah anggota Dewan saat ini tugasnya semakin menggunung. 

Beliau berpandangan, bahwa berjuang bisa dimana saja, karena hakekat hidup ini adalah perjuangan. “Dan perjuangan itu sendiri tidak akan berhenti, bahkan tidak boleh berhenti, meski apa yang kita inginkan sudah kita raih. Kalau bisa terus diperbaiki dan ditingkatkan lebih baik lagi. Ujarnya bersemangat.

Kuswiyanto sadar bahwa sikap kritis dan kevokalannya tak bisa serta merta mengubah keadaan, beliau  juga menyadari bahwa perjuangannya tidak akan berjalan mulus. Banyak kolega beliau yang tidak sependapat dengan langkahnya. Teman-teman yang seperti itu memilih bersikap pasif, (mungkin) mengikuti sikap para Eksekutif.  “Dengan keadaan seperti itu saya tidak akan memaksakan kehendak, namun saya berjanji tetap akan menjalankan amar ma’ruf nahi munkar serbagai bagian dari tugasnya selaku anggota Legislatif yakni mengontrol, dan mengawasi Eksekutif”. Ujar Kuswiyanto diakhir pembicaraan. (Nonik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved