Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Petani dan Nelayan Butuh Modal Usaha

 
11 April 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 11/04)

Suara Indrapura : Masyarakat yang tergabung dalam kelompok petani dan nelayan di daerah Madura hingga saat ini tidak semuanya terakomoditir dari pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hal ini dijumpai H. Amirin Sudjono SE, MM anggota DPRD Jatim asal F-Partai Demokrat saat melakukan tugas kedewanan (reses)  untuk menemui konstituennya dalam menjaring aspirasi masyarakat khususnya di daerah pemilihanya.

Menurut Amirin, berdasarkan laporan dari kelompok petani maupun kelompok nelayan yang masih kesulitan modal usaha hampir di semua daerah kabupaten Sampang, Sumenep, Pamekasan dan Bangkalan. Diketahui banyak yang belum terakomodir oleh pemerintah, terbukti mereka selalu kesulitan ketika mereka mencari ikan. Berdasarkan pengakuan petani dan nelayan mereka kerap kali berhutang ke rentenir ketika akan mencari ikan. Pada akhirnya dari pinjaman tersebut mereka harus membayar bunga yang tinggi. Sementra Bank UMKM belum hadir di tengah masyarakat seperti mereka sehingga mereka tidak tahu eksis permodalan yang mudah selain ke rentenir yang mencekik,” terang bapak dari 4 putra ini.

Selain itu menurut politisi yang baru menjabat karena PAW  mengantikan H. Haryono Abdul Bari ini melihat, untuk para petani juga masih belum maksimal. Sebab selama ini bantuan-bantuan pada sektor pertanian bersifat parsial untuk kelompok tertentu dan satu alat pertanian saja. “Padahal daerah tersebut sangat berpotensi bila tanahnya dikelola dengan serius, begitu juga pada sektor perikanan,” cetus Amirin.

Politisi yang juga menggeluti bisnis bidang properti ini, setelah melihat fakta di lapangan berharap kepada Pemerintah Pro vinsi Jawa Timur segera memberikan bantuan untuk hasil dari sektor pertanian dan perikanan. Sehingga dapat mempermudah petani maupun nelayan dalam meningkatkan perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Hal ini juga akan selaras dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Jawa Timur yakni “APBD Oleh Rakyat Untuk Rakyat”, nantinya akan terwujud kesejahteraan dan kemakmuran harap Amirin  (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved