Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Penggelolaan Keuangan Secara Tertib, Jawa Timur Antisipasinya Lebih Siap

 
18 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 18/06)

Suara Indrapura : Agung Firman Saputra, anggota V  BPK RI saat menyerahkan LHP BPK pada Gubernur Jawa Timur dan DPRD Jatim  menyampaikan, demi keselamatan dan kemaslahatan pelaksanaan pemerintahan dalam penggelolaan keuangan Negara diatur dalam UU 1/2014. Dimana seluruh kegiatan harus sesuai dengan kedudukan dan kewenangannya, untuk mencapai tujuan bernegara dengan memajukan kesejahteraan umum.

Disampaikan Agung Firman, mengingatkan kualitas pemeriksaan keuangan akan dilakukan secara ketat. Dengan harapan  pemerintah daerah akan semakin  memahami tata kelola keuangan secara baik. Dalam pemeriksaan ini, BPK merespon kerawanan politik  tahun politik 2014, dimana tahun ini terindikasi kuatnya kerawanan karena proses pemilihan umum (pemilu) dan proses pemilihan presiden (pilpres). Namun, Agung Firman menjelaskan di Jawa Timur antisipasinya lebih siap dalam tata kelola aset.

"Kedepan penggelolaan keuangan dilakukan dengan sistem berbasis aktual dan sangat  komplek, untuk lapiran keuangan realisasi anggaran nanti dalam melaksanakan standar pemerikssaan keuangan dan kekayaan serta  keyakinan mutu kualitas hasil," tegas dia.

Untuk itu, pemeriksaan keuangan, harus meliputi kesesuaian dengan peraturan pemerintah, kecukupan informasi, efektifitas sistem dan kepatuhan pada perundnag-undangan. Dalam laporan hasil keuangan ada empat predikat penilaian yang diberikan, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar dan  Tidak Memberi Pendapat atau discalimer.

Meski ada beberapa catatan, Pemerintah Propinsi Jawa Timur dalam penggelolaan Keuangan Tahun Anggaran 2013 mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (Fajar)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved