Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Siapkan Generasi Muda Sebagai Estafet Bangsa

 
09 Mei 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 09/05)

Suara Indrapura : Anak bangsa yang terlahir di kota “soto” Lamongan tepatnya tanggal 25 Maret 1962 masuk jajaran legislatif tingkat Provinsi Jawa Timur berjalan secara normatif, artinya keberpihakan masyarakat terhadapnya karena jasa pengabdian tidak pernah berhenti. Sebelum menjadi wakil rakyat, Kodrat Sunyoto banyak meluangkan waktunya di dunia pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia melalui Balai Latihan Kerja (BLK). Bergerak di dunia pendidikan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia ini harus dilakukan karena sebentar lagi kita akan menghadapi perdagangan bebas AFCTA. Jika generasi kita secara kualitas pendidikan tidak mempersiapkan diri, dirinya yakin akan tergerus oleh pasar persaingan bebas.

Sebagai generasi penerus dirinya selalu siap menggantikan seniornya secara estafet dengan “mikul dhuwur mendhem jero” memberikan terbaik pada seniornya tanpa harus memikir imbalan. Dirinya yakin terhadap sang Khalid, bahwa berbuat baik pasti akan memetik buahnya. Sebagai politisi muda yang dibesarkan melalui partai Golongan Karya tentunya ingin berkiprah melalui jalur pendidikan.

Menurutnya dengan perbaikan kualitas pendidikan maka lambat laun peningkatan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik. Jika masyarakat kita rata-rata berpendidikan atas dan sederajat, maka dengan sendirinya pola berfikirnya semakin rasional dan mampu diajak untuk berinovasi, berswakarya dan nantinya akan menjadi masyarakat yang berswasembada. Suami Dr. Hj. Esa Wahyu Endarti, SH,MSi selama menjadi anggota dewan tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Sementara jalur yang ditempuh adalah jalur pendidikan, jalur peningkatan ketrampilan masayrakat dan jalur peningkatan SDM secara umum. Alumnus Pasca Sarjana Universitas Wijaya Putra tetap optimis terhadap program kegiatannya selama ini akan menghasilkan sesuatu yang positif bagi masyarakat Jawa Timur. Apalagi kedudukan sebagai anggota Komisi E bidang Kesra di DPRD Jatim yang identik dalam penanganan penderitaan masyarakat.

Selama kariernya dicurahkan sebagai pendidik, maka tidak salah jika partai bergambar pohon beringin tersebut menggaet dan memasukkan kader muda pada jajaran pendidikan dan kesenian. Sebagai kader yang memiliki orientasi pengembangan pendidikan, anak pasangan Supardi (Alm) dan Satariyah ini terus mendesak Pemerintah Daerah agar APBD di Jawa Timur benar-benar disalurkan ke dunia pendidikan sebesar 20% sesuai dengan amanat Undang Undang.

Legislator muda yang dibesarkan dari keluarga petani memiliki komitmen kuat terhadap cita-citanya yaitu ingin mencetak generasi tangguh dengan berbekal pendidikan yang cukup. Kalangan intelektual nama Kodrat Sunyoto adalah salah satu tokoh yang tidak asing baginya, Pengalaman menjadi Kepala Sekolah dijajaran menengah atas sampai pada level perguruan tinggi sudah dijalankan sejak lama. Ini merupakan pengabdian hidupku. “Saya harus bermakna dan berguna bagi masyarakat” tuturnya pendek.

Menjadi wakil rakyat merupakan bagian dari cita-cita remajanya, dan sudah saatnya kita bergerak dan terus bergerak memberikan yang terbaik untuk rakyat. Sebagai anggota dewan secara normativ harus mampu menjalankan tiga fungsi utamanya. Jika fungsi-fungsi tersebut dijalankan secara maksimal, dirinya yakin secara bertahap untuk menuju yang lebih baik akan tercapai. Katanya Bagi Kodrat menjadi Anggota Komisi E (Kesra) yang membidangi Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Tenaga Kerja, Olah Raga, Perempuan, Pengembangan Peranan Perempuan, Mobilitas Penduduk dan Penanganan Bencana menjadi impian sejak dulu.

Mencurahkan pikiran, tenaga serta mempersembahkan karya-karya bagi masyarakat khususnya dikalangan masyarakat tidak mampu. Walaupun saya tidak bisa membantu mereka secara langsung, setidak-tidaknya ada regulasi yang memayungi hak-hak kaum lemah. Ujar beliau

Komisi E adalah Komisi yang sering didatangi oleh masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya, melalui demo atau unjuk rasa. Kodrat tak jarang harus menyaksikan linangan air mata para buruh yang sedang memperjuangkan nasibnya. Para pelajar menuntut hak mereka sebagai warga negara untuk mendapat Pendidikan yang layak dengan biaya terjangkau.Papar beliau mengakhiri pembicaraan. (Bredo)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved