Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemimpin Masa Depan Tanpa Kekerasan

 
13 Mei 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 13/05)

Suara Indrapura : Sumrambah, itulah nama politikus muda yang  lahir 36  tahun silam dibesarkan di kota Jombang,  Berbekal keberanian dan ketekunan,   nama besar keluarga Sukito (Alm)  dan Ibu Asmah (Alm) terus bersinar. Menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat adalah cita-cita idialisnya. Tidak salah bapak dua anak ini terus  berkarya melalui segala macam organisasi. Rumahku adalah  organisasiku,  semboyan ini mungkin tidak pernah ada dalam situasi seperti ini. Berjuang  melalui partai  adalah untuk penyeimbang kestabilisasian Nasional, berjuang  di jalur petani  melalui KTNA (Kontak Tani  dan Nelayan) juga berjalan. Sekarang saatnya Jombang berbenah.  Jombang mengalami pergeseran.  Bagaimana tidak, sebelumnya lembaga itu dipimpin oleh Suyanto, namun  kini kepemimpinan tersebut dijabat oleh Sumrambah yang secara kebetuan anggota  Komisi B DPRD Jawa Timur dari Fraksi PDIP. "Terima kasih saya diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Ketua KTNA  Kabupaten Jombang 2009-2014. Ini merupakan amanah yang harus saya  perjuangkan. Yakni demi kesejahteraan kaum tani," kata Sumrambah.

Suami Wiwin Isnawati  menjelaskan, reposisi kepengurusan itu salah  satunya disebabkan oleh Ketua lama, Suyanto, yang kini menjabat sebagai  bendahara di KTNA Jawa Timur. Nah, setelah melakukan koordinasi akhirnya  KTNA Jombang memilih Sumrambah untuk menduduki kursi Ketua. Politisi murah senyum ini  menjelaskan tentang kondisi pertanian secara  umum.

Menurutnya, Jatim merupakan salah satu lumbung pertanian  nasional, termasuk juga Kabupaten Jombang sebagai penyokongnya. Meski  demikian, hal itu tidak berbanding lurus dengan nasib itu sendiri. Masih banyak petani yang nasibnya belum sejahtera. Nah, hal itu dipicu  oleh beberapa faktor, salah satunya adalah organisasi atau lembaga petani yang belum solid. "Karena sebaik apapun konsep pertanian yang  digagas, tanpa didukung organisasi yang solid maka hasilnya tidak akan  maksimal," tambah mantan aktivis GMNI ini.

Untuk itu, melalui KTNA, Sumrambah bertekad memajukan derajat kaum  tani. Sebagai awalan, beliau akan menata struktur yang ada. Yakni struktur  kepengurusan dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa. "Dan yang  tidak kalah penting adalah melakukan sinergitas dengan program-program  yang ada di dinas terkait," ujar Sumrambah tersenyum.

Jalur politik, politisi yang ramah ini juga menjabat sebagai Ketua  DPC PDI Perjuangan Jombang periode 2010-2015 dalam konferensi cabang  (konfercab). Dengan sikap kepemimpinanya, Sumrambah terpilih dan mengatakan  mengatakan adanya aksi Walk Out itu merupakan proses yang biasa dalam  berdemokrasi. Untuk kedepannya, beliau tetap akan merangkul semua element  untuk membesarkan partai yang digawangi oleh Megawati. "Kita akan  merangkul semua pihak, agar PDIP di Jombang semakin kuat. Itulah  Politik, Cantik khan? Saat bersejarah dalam hidupku, mengemban sebuah amanah, memikul sebuah  tanggung jawab, memikul sebuah harapan dari sekian banyak orang, ku ikrarkan sebuah sumpah, menetapkan hati untuk selalu bersama,  menyongsong esok, membangun jembatan emas, mencapai pulau impian  bersama. Kepada-Mu aku memuja, Kepada-Mu aku memohon, Kepada-Mu aku bersujud,  Kepada-Mu aku mengadu, Kepada-Mu aku berkeluh kesah dan, Kepada-Mu  aku berpulang.” Ungkapnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved