Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Terus Belajar untuk Imbangi Kemampuan Eksekutif

 
30 Mei 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 30/05)

Suara Indrapura : Duduk sebagai anggota dewan ternyata tak mudah. Dengan background sebagai orang tekhnik, Arief Setiawan dituntut untuk terus belajar. Maklum, sejak awal dirinya dipercaya partainya (PKS) untuk duduk di Komisi C yang notabene mengurusi keuangan. “Bisa dibayangkan dari teknik kemudian ke keuangan, tentu kita bakal kelabakan. Apalagi kita harus menghadapi ekesekutif yang secara material dan praktek lebih menguasai,” tegas politisi PKS ini penuh senyum.

Agar tidak minder dan mampu mengimbangi eksekutif saat hearing terkait masalah asset atau anggaran, Arif Setiawan tak berhenti untuk belajar. Bahkan, pria asli Malang ini juga melakukan diskusi bersama anggota komisi C lainnya. Ini penting karena secara keilmuan eksekutif sudah belajar bertahun-tahun, sementara legislatif hanya lima tahun, itupun nantinya ditengah jalan dipindah ke komisi lain. “Kalau sudah begini kita harus belajar lagi,” lanjutnya.

Tapi terlepas dari itu semua, dirinya banyak mendapatkan pelajaran dan wawasan banyak sebagai anggota dewan. Terkait pengelolaan BUMD hingga pengelolaan asset yang dimiliki Pemprov Jatim. Pun saat dirinya dipercaya duduk sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim yang notabene membidangi perekonomian. Dimana disini Arif sempat berdarah-darah membantu para petani di Jatim yang kondisinya perekonomiannya masih pas-pasan.

“Bagaimana waktu itu kita berjuang untuk petani tebu terkait raperda rendemen tebu. Dengan tingginya rendemen tebu, maka otomatis pendapatan mereka akan naik. Namun untuk merealisasikan itu semua, perlu dilakukan perjuangan besar. Dan alhamdullilah sekarang ini sudah mulai naik. Inilah prestasi yang dapat  diberikan teman-teman Komisi B selama duduk sebagai wakil rakyat,” tegasnya.

Dan yang paling tidak bisa hilang dalam ingatan Arif adalah kekompakan dan komunikasi sesama anggota dewan di DPRD Jatim sangat baik, meski disatu sisi terkadang ada sebuah perbedaan. Namun menurutnya hal itu sangat wajar karena di dunia politik ada istilah tidak ada teman dan lawan yang abadi.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved