Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Belajar Demi Tingkatkan PAD Jatim

 
30 Mei 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 30/05)

Suara Indrapura : Duduk sebagai anggota dewan di DPRD Jatim mungkin bukan sesuatu yang baru bagi Thoriqul Haq. Karena, pria kelahiran Lumajang ini sejak muda sangat aktif di keorganisasian. Sehingga pengalamannya sebagai aktifis menjadi bekal dirinya duduk di kursi legislatif. Namun ada hal yang membuat dirinya harus benar-benar belajar keras adalah posisinya sebagai Ketua Komisi C (Keuangan) DPRD  Jatim. Sangat berbeda jauh dari latar belakang pendidikannya yaitu lulusan Sastra Arab IAIN dan S2 Filsafat Bahasa di University Of Malaya Kuala Lumpur. 

"Awal saya duduk di kursi legislatif, membuat saya harus belajar keras, dikarenakan posisi saya di komisi C yang menangani bidang keuangan, sangat jauh berbeda dengan latar belakang pendidikan. dan Alhamdulillah dengan belajar keras dari internet buku dan berbagai referensi, saya bisa mengikuti alur dan bisa memahami kondisi perekonomian di Jatim, khususnya permasalahan aset-aset BUMD Jatim. Ternyata banyak sekali aset-aset BUMD yang tidak terpakai, padahal aset-aset itu bisa difungsikan dan menghasilkan uang untuk menambah PAD Jawa Timur", ungkap pria yang kembali lolos dalam pileg 2014 ini.

Mengetahui fakta itu, politisi dari partai Kebangkitan Bangsa ini, langsung mengambil langkah-langkah tepat, salah satunya dengan sidak aset-aset yang terbengkalai,  dari sidak itu, akhirnya komisi C menghasilkan keputusan, dengan memberikan rambu kebijakan yaitu BUMD-BUMD yang mempunyai aset yang tidak difungikan, harus disewakan, dengan tetap mempertimbangkan core bisnis BUMD dan memberikan pendapatan pada APBD Jatim.

"Alhamdulillah, sejak adanya rambu itu, hingga detik ini sudah banyak aset-aset BUMD yang difungsikan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga, salah satunya di Jember pabrik es PWU berbagi lahan dengan pihak ketiga, dengan begitu mampu menambah angka PAD," ungkap mantan Presiden Bem IAIN ini.

Thoriq berharap kedepannya, Pemprov Jatim bisa melahirkan program-program yang tepat untuk meningkatkan perekonomian maupun kesejahteraan rakyat, "Pemprov harus melahirkan langkah kongkrit untuk meningkatkan perekonomian Jatim, dengan melakukan program peningkatan infrastruktur di wilayah selatan Jatim, seperti pembangunan pelabuhan, bandara di daerah mataraman, dan difungsikan kembali bandara di Jember, dan yang utama lagi adalah harus ada program peningkatan kesejahteraan ekonomi untuk wilayah kepulauan," tegas ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved