Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banleg Janji Selesaikan 17 Raperda

 
29 November 2013

DPRD Jatim Online (Jumat; 29/11)

Suara Indrapura : Semakin dekatnya pelaksanaan Pileg 2014, bukan berarti kinerja dewan harus bermalas-malasan. Sebagai bukti, Badan Legislatif (Banleg) DPRD Jatim terus mendorong menyelesaikan pembahasan enam Raperda yang terdiri tiga Raperda Inisiatif Dewan dan sisanya dari Pemprov Jatim.

Ketua Banleg DPRD Jatim, Zaenal Arifin menegaskan, untuk tahun 2013 pihaknya mentargetkan Raperda yang terselesaikan sebanyak 25 Raperda. Namun sampai saat ini baru 11 Raperda yang disahkan. Diharapkan pada pertengahan Desember 2013 ada tambahan sekitar 6 Raperda. Dengan begitu total Raperda yang bisa diselasaikan 17 Raperda, atau 80% dari target yang diinginkan.

“Karena itu kami terus mendorong kepada pimpinan  agar pembahasan 6 Raperda itu selesai sebelum akhir tahun. Ingat.. masyarakat Jatim kini menunggu 6 Raperda tersebut yang notabene melindungi kepentingan masyarakat,” tegas politisi asal Partai Golkar Jatim, Kamis (28/11).

Ditambahkanya, sebenarnya tiga Raperda Inisiatif Dewan masing-masing Raperda Percepat Pelaksanaan Sistem Resi Gudang (Komisi B), Raperda Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (Komisi A), dan Raperda Peningkatan Jalan yang Berkeselamatan di Jatim (Komisi D) sudah mengalami perpanjangan hingga sampai satu tahun lamanya. Untuk itu, seharusnya pimpinan dewan harus tegas dengan tidak  memberikan perpanjangan lagi.

Meski diakui pihaknya tidak bisa melarang  jika ada usulan dari Komisi yang minta perpanjangan waktu. Namun terlepas dari itu semua, jika tidak ada deadline dari pimpinan dikhawatirkan citra dewan di mata masyarakat akan turun karena dianggap hanya mementingkan diri sendiri, “kami sudah berusaha koordinasi dengan Wakil Ketua Dewan, pak Halim Iskandar agar mendorong Komisi-Komisi untuk menyelesaikan Raperdanya. Kalau ini dilakukan tepat waktu saya percaya kepercayaan  masyarakat terhadap kinerja dewan akan semakin meningkat,” akunya.

Terkait dengan Raperda Inisiatif Eksekutif, Zainal optimis dapat selesai pada pertengahan Desember 2013. “Skarang sudah pada Jawaban Eksekutif, insyaAllah akhir November sudah ada pembahasan di Komisi, dan pertengahan Desember sudah dapat digedok,” tambahnya.

Adapun tiga Raperda Inisiatif milik eksekutif adalah Raperda Penanaman Modal, Raperda Pencabutan Raperda Nomor 6/2004 tentang Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum Pemprov Jatim, serta Raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Dibanding tahun 2012, kinerja Banleg cukup baik. Mengingat tahun 2012 hanya bisa menyelesaikan Raperda 13 saja dari target yang ditetapkan sekitar 28 Raperda. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved