Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi-Fraksi DPRD Jatim Kritisi LPJ APBD Pemerintah Soekarwo Tahun 2013

 
01 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 01/07)

Suara Indrapura : Meskipun Pemerintahan Gubernur Soekarwo mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI dalam LPJ APBD selama empat kali berturut-turut. Namun dalam kinerja pengelolaan APBD Jawa Timur tahun anggaran 2013 masih mendapat sorotan dari kalangan DPRD Jatim, yang mana terkait catatan penting sejumlah hal yang bisa diintensifkan, berikut tata tertib pengelolaan keuangan yang baru. Hal ini terlihat dalam rapat paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi-Fraksi pada Jumat (27/6) lalu.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd selaku Ketua Rapat Paripurna menegaskan, bahwa Pandangan Umum Fraksi ditujukan untuk melihat evaluasi kenerja realisasi APBD tahun 2013. Politisi yang terlahir dari Partai Kebangkitan Bangsa ini menilai, pada dasarnya kinerja keuangan Jawa Timur secara umum memang memuaskan. Hanya ada beberapa catatan disana sini yang bersifat perbaikan perlu dipelototi, seperti, pemerataan pembangunan, prioritas program dan anggaran,” tandas Penasehat F-PKB DPRD Jatim.

Sementara itu H. Kuswanto, SH Ketua Fraksi Hanura Damai memberikan beberapa catatan terkait LPJ APBD tahun anggaran 2013, diantaranya seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan kaitannya dengan program pembangunan infrastruktur jalan. Menurutnya alangkah baiknya bila tingginya angka Pajak Kendaraan Bermotor berbanding lurus dengan kondisi jalan di Jawa Timur. Sebab dari pantauan Fraksi Hanura Damai, sejumlah ruas jalan terutama di kawasan Pantura memerlukan perbaikan. Apalagi untuk Jalur Lintas Selatan (JLS) masih dirasakan pembangunan jalan yang belum terselesaikan sampai saat ini.

Hal senada juga dilontarkan semua Fraksi yang berada di DPRD Jatim, semua fraksi menilai bahwa LPJ APBD tahun 2013 perlu mendapat perhatian serius agar predikat yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan WTP-nya bisa dibuktikan secara nyata dan kongkrit. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved