Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PU F-PKB : Raperda Tentang Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Harus Gamblang dan Terukur

 
03 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 03/07)

Suara Indrapura : Guna menjadikan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum di wilayah Provinsi Jatim yang handal dan professional, harus disertai fasilitas pengembangan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota di Provinsi Jatim. Hal ini disampaikan Hj. Anisah Syakur selaku Jubir F-PKB dalam Rapat Paripurna, Rabu (2/7).

Dalam Pandangan Umum F-PKB terhadap Raperda tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAB) dijelaskan mengacu pada UU No.7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, serta Surat Menteri Pekerjaan Umum No 0101-CA,2/445 tentang Pengelolaan Instalasi Air Bersih PIER, dan Surat Keputusan Gubernur No.28 Tahun 1996 tentang Penunjukan PDAB Jawa Timur untuk melakukan pengelolaan penyediaan air bersih di kawasan PIER Pasuruan, terang Anisah.

Adapun tujuan pendirian PDAB adalah untuk mengelola sumber-sumber mata air secara optimal bagi masyarakat luas. Hal ini juga sebagai penyelenggara sistem penyediaan air minum regional, khususnya lintas Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Selain itu dapat melakukan pemantauan evaluasi sistem penyediaan air minum, serta memberikan pelayanan air bersih di wilayah usaha yang dikelola oleh perusahaan daerah air bersih di Provinsi Jawa Timur, tegas Anisah yang juga duduk di Komisi E DPRD Jatim ini.

Sedangkan bertolak dari dokumen tersebut di atas, maka F-PKB DPRD Jatim memandang bahwa pendapat Gubernur Jatim terkait relevansi regulasi hukum yang menopang pelaksanaan visi misi PDAB di Jatim untuk dilakukan evaluasi secara substansial dan bentuk pencabutan Perda No.2 Tahun 1987 merupakan pendapat yang cukup layak.       Maka itu, Fraksi PKB melalui Juru bicaranya menghimbau kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar di dalam pembahasan bersama, Raperda tentang PDAB Prov Jatim  nantinya dapat dijelaskan secara gamblang dan terukur, mengenai berbagai data dan fakta. sehingga organ struktur sebagaimana yang telah berlaku saat ini layak dilakukan penyesuaian serta dalam hal ini konsep eksekutif harus menggambarkan organ PDAB kedepannya. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved