Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bambang Harianto Tingkatkan Perhatian Nasib Petani

 
13 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 13/06)

Suara Indrapura : Keinginan Gubernur Jatim, Soekarwo untuk menjadikan Jatim sebagai wilayah agrobis masih jauh dari kenyataan. Buktinya keberpihakan Pemprov Jatim terhadap petani masih minim. Baik itu soal penyedian bibit, pupuk dan perlindungan hasil panen yang belum maksimal.

Anggota DPRD Jatim, Bambang Harianto mengakui jika saat ini keberpihakan pemerintah terhadap petani dirasakan sangat kurang. Padahal petani memiliki kontribusi yang sangat besar untuk mendukung Jatim sebagai wilayah agrobis. Kalau masalah ini tetap dibiarkan, maka jangan harap keinginan gubernur bisa tercapai.

“Sudah saatnya semua institusi yang berkepentingan untuk memperhatikan nasib petani. Artinya ada alokasi anggaran yang harus ditingkatkan untuk membantu mereka. Mulai soal bibit, pupuk saluran irigasi hingga tempat penyimpanan hasil panen seperti resi gudang,” tegas politisi asal PDIP ini.

Dengan adanya perlindungan petani seperti ini, pihaknya yakin petani semakin bergairah menanam. Dan yang paling penting penghasilan mereka bertambah sehingga mereka bisa hidup layak.

Selain soal nilai tukar petani (NTP), hal yang perlu diperhatikan yaitu pembangunan infrastruktur. “Percuma petani diperhatikan, namun akses jalan dibiarkan maka petani tetap menanggung kerugian. Ini karena jalan sebagai akses satu-satunya untuk membawa hasil panen ke kota. Kalau jalannya rusak maka cost yang ditanggung petani semakin tinggi,” papar pria yang juga Anggota Komisi E DPRD Jatim ini.

Termasuk soal tol Surabaya-Mojokmerto (Sumo) yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya harus segera terealisasi. Dimana Pemprov Jatim harus berupaya mendorong pusat agar segera mencairkan anggarannya. Bahkan kalau bisa dilakukan penambahan anggaran.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved