Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

F-PDIP Cermati Pelaksanaan APBD 2013

 
23 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Senin;  23/06)

Suara Indrapura : Secara khusus F-PDIP DPRD Jatim mencermati Raperda tentang Pertanggungjawaban APBD 2013 Gubernur Jatim berdasarkan per-angka-an APBD. Dengan pengertian sebagai stimulun perekonomian daerah tersebut, sesungguhnya pelaksanaan APBD 2013 tergolong “pelit” dan bisa juga diartikan “kemahalan” pada beberapa sisi belanja. Seperti rasio antara belanja pegawai terhadap total belanja daerah, papar Juru bicara F-PDIP.

Dijelaskan Ir. Sutiyo, menurut F-PDIP belanja pegawai di Jawa Timur tetap saja masih tergolong mahal, jika dibanding provinsi lainnya seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah. Andaikan belanja pagawai bisa ditekan lagi sampai 15 persen, maka penghematannya bisa digunakan untuk menyokong belanja bagi keluarga miskin sampai 100 ribu lebih Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Secara khusus F-PDIP DPRD Jatim mengapresiasi kinerja Gubernur Soekarwo mengenai laporan keuangan Pemprov Jatim yang mendapat Opini dari BPK RI yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut selama empat kali. Namun itu semua tidak berarti pelaksanaan APBD 2013 telah “steril” dari permasalahan yang berupa kesalahan administrasi maupun kesalahan paradigma tentang belanja, tandasnya.

Sedangkan terhadap laporan target dan realisasi program dan SKPD, Sutiyo melihat ada beberapa program yang sangat penting dan strategis bagi masyarakat. Namun realisasi anggaran belanjanya di bawah 80%. Pertama, terhadap program pengembangan kinerja pembangunan air minum dan air limbah pada Dinas PU Cipta Karya dan tata ruang sebesar 57%. Kedua, terhadap program peningkatan ketahanan pangan pada Dinas Pertanian sebesar 77%. Ketiga, terhadap program pengembangan kawasan agropolitan pada Dinas Pertanian sebesar 67%. Keempat, terhadap program pengembangan dan pemerataan pasokan listrik pada Dinas ESDM sebesar 789%. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved