Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PU F-Gerindra : Pertanggungjawaban APBD 2013 Harus Mengedepankan Manejemen Keuangan Transparan, Akuntabel dan Terbuka

 
18 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 18/06)

Suara Indrapura : Seperti diketahui bahwa APBD mempunyai fungsi sesuai Pasal 16 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005. Serta memuat kebijakan pokok pada sisi pendapatan, belanja dan pembiayaan. Tiga hal tersebut merupakan fokus dalam pembahasan Dewan Jatim.

Ir. H Tjujuk Sunario, ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (FP Gerindra) mengungkapkan, bahwa mengacu pada konsepsi APBD dalam rangkah tata kelola keuangan yang baik (good financial governance) merupakan elemenasi legal financial. Maka laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2013 Gubernur Jawa Timur harus mengedepankan manajeman keuangan yang transparan, akuntabel, terbuka dan memenuhi rasa keadilan.

Dijelaskan Tjujuk, terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2013. Gubernur Soekarwo merupakan tolak ukur untuk mengetahui tingkat kemampuan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan fundamental masyarakat Jawa Timur secara berkelanjutan, dalam aspek pengelolaan keuangan daerah yang terkontrol.

Dengan mengedepankan landasan hukum yang di atas, maka Pemprov Jatim telah menyajikan laporan keuangan yang telah diaudit oleh BPK RI yang merupakan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2013. Akan tetapi terdapat sisa anggaran yang cukup besar. Namun berdasarkan realita mengenai tentang tingkat pengganguran terbuka tahun 2012 persentase berkisar 4,12 persen. Sedangkan pada tahun 2013 mengalami kenaikan menjadi 4,33 persen.

Oleh sebab itu Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicaranya berharap kepada Gubernur Jawa Timur, dengan mengingat sisa anggaran yang lebih tentu untuk lebih meningkatkan program-program dalam rangka dapat menurunkan angka tingkat pengangguran terbuka, tegas Ir. H. Tjujuk Sunario.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved