Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perjuangkan Petani dan Nelayan Dapatkan Modal Usaha

 
13 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 13/06)

Suara Indrapura : Malik Effendi adalah salah satu kader terbaik Partai Amanat Nasional yang dipilih partai untuk duduk di lembaga legislatif tingkat provinsi. Dengan pengalaman organisasi yang cukup mengakar mulai dari tahun 1980-1986 sebagai Wakil Ketua KNPI Prov. Timtim dan sampai sekarang menjadi Ketua LSM Lentera (Pendidikan dan Sosial). Selain itu pengalaman organisasi beliau adalah menjadi Wakil Sekretaris DPW PAN Jatim mulai tahun 2005 sampai sekarang.

Selama menjabat sebagai anggota Dewan, salah satu program kerja beliau adalah memperjuangkan para petani dan nelayan supaya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi malalui Bank UMKM.

Menurut Malik Efendi, berdasarkan laporan dari kelompok petani maupun kelompok nelayan disana, sampai saat ini mereka masih kesulitan mendapatkan modal usaha hampir di daerah seperti Kabupaten Sampang dan Sumenep ternyata banyak yang belum mendapat perhatian dari pemerintah, terbukti mereka selalu kesulitan ketika mereka mencari ikan.  Berdasarkan pengakuan petani dan nelayan mereka sering utang dulu ke rentenir ketika mau mencari ikan dan tentunya dari pinjam ke rentenir itu mereka harus membayar bunga yang tinggi, Bank UMKM belum hadir di tengah masyarakat sehingga mereka tidak tahu eksis permodalan yang mudah selain ke rentenir yang mencekik,” terang Malik Efendi yang maju dari dapil XI meliputi wilayah Madura.

Selain itu, untuk para petani juga masih belum maksimal, sebab selama ini bantuan-bantuan pada sektor pertanian bersifat parsial untuk kelompok tertentu dan satu alat pertanian saja.  Padahal daerah tersebut sangat berpotensi bila tanahnya di kelolah dengan serius, begitu juga pada sektor perikanan,” ucap Malik Efendi asli putra Daerah tersebut.

Maka itu Politikus kawakan melihat kenyataan di lapangan berharap kepada Pemerintah , baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur segera memberikan bantuan terhadap sektor hasil pertanian dan perikanan agar tidak terhambat dan  pendapatan yang di terima petani maupun nelayan bisa dirasakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Harapannya Bank UMKM agar memberikan pinjaman modal usaha bagi kelompok petani dan nelayan, karena sesuai visi dan misi Pemerintah yakni APBD dari rakyat untuk rakyat,” Papar wakil rakyat Madura ini.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved