Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemerintah Harus Tingkatkan Ekonomi Pedesaan

 
30 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 30/06)

Suara Indrapura : Duduk di kursi legislatif awalnya seperti mimpi bagi politisi asal dapil Jatim XI wilayah Madura, Badrut Taman,S.Psi. Hal ini karena pengalamannya yang minim di dunia politik. Sekaligus modal keuangan yang sangat terbatas, membuatnya sempat tidak yakin dirinya akan terpilih dalam pileg 2009 lalu. 

Tapi, dari modal yang serba terbatas itu, membuat anggota Komisi C (Keuangan) ini semangat untuk terus belajar sekaligus berusaha keras dalam mengawal aspirasi rakyat, terbukti dalam pileg 2014. Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini mampu ada di posisi atas dengan perolehan suara terbanyak, mencapai 186,139 suara, "tahun 2009 lalu, tidak hanya modal politik saya yang sangat terbatas. Modal keuangan pun bisa dikatakan apa adanya. Tapi saya mampu memperoleh suara sebanyak 44,929, dan mampu duduk di kursi dewan hingga detik ini. Dari pengalaman itu, saya terus belajar dan yang selalu saya lakukan adalah berkomunikasi dan menjalin kedekatan dengan masyarakat Madura. Mulai dari rakyat kecil, para tokoh, ulama dan berbagai pihak yang akhirnya membawa saya kembali kepada kesuksesan di pileg 2014," ungkap pria kelahiran Pamekasan 12 Desember 1978 ini.

Setelah duduk di kursi dewan banyak pengalaman menarik dan tidak terlupakan yang  beliau temui, salah satunya saat bapak dua anak ini pernah duduk sebagai anggota Komisi E, "dari sekian masalah yang saya temui, ada beberapa permasalahan rakyat kecil yang hingga detik ini masih saya ingat, yaitu saat sidak di lokalisasi jarak, saya menemukan banyak WTS yang usianya sudah sangat lanjut sekitar 60 tahunan lebih, ironisnya lagi, yang berlangganan ternyata anak-anak muda yang masih duduk di bangku SMP, bahkan anak SD pun ada, alasannya harganya murah kalau sama yang tua. Dari sidak itu Komisi E langsung menggelar rapat untuk mencari solusi, akhirnya diputuskan para WTS itu diberi pelatihan dan permodalan lalu dipulangkan, serta diawasi bersama oleh pihak-pihak terkait misal Dinsos, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Kyai," cerita pria yang pernah menjadi Ketua Umum PKC PMII Jatim ini.

Politisi yang dikenal dekat dengan para Kyai ini berharap Jawa Timur kedepannya bisa lebih baik lagi, terutama dalam penanganan ekonomi, "Pemerintah Jatim itu saat ini terlalu memperhatikan ekonomi makro bukan ekonomi mikro, akibatnya pertumbuhan ekonomi hanya terjadi di perkotaan. Saya sangat berharap kedepannya sektor ekonomi mikro terutama ekonomi pedesaan bisa diperhatikan, dan Pemprov Jatim harus melahirkan program-program yang mampu mendorong perekonomian di desa, misal program pemerataan sektor ekonomi pedesaan melalui peningkatan kesejahteraan petani, nelayan dan UMKM, serta memperluas penyedia lapangan pekerjaan di pedesaan, dengan begitu lapangan pekerjaan tidak terpusat di perkotaan, sehingga nantinya masyarakat desa tidak lari ke kota untuk mencari pekerjaan, sekaligus peningkatan home industry dan ekonomi kreatif," pungkas politisi yang juga Bendahara DPW PKB Jatim ini.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved