Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Terbentuknya Perda yang Bermanfaat Bagi Rakyat

 
30 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 30/06)

Suara Indrapura : Menjadi wakil  rakyat  Jawa Timur,  bagi Tjutjuk Sunario adalah sebuah takdir yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Laki laki murah senyum yang selalu ramah menyapa setiap yg berpapasan dengannya ini mengaku menjadi anggota DPRD Jatim  adalah sebuah anugrah yang tidak mungkin disia-siakan. “Saya pikir ini kesempatan saya untuk mengabdi demi Provinsi tercinta Jawa Timur, saya ingin mampu menjadi kepanjangan tangan masayarakat  yang diwakilinya” ungkap Pria yang diberi kepercayaan sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim ini memulai   kisahnya sebagai anggota dewan.

“Awalnya harus menyesuaikan diri karena ini  pertama kali saya jadi  politisi yang punya hak menentukan kebijakan untuk mensejahterakan rakyat Jatim.  Tapi saya senang karena tidak perlu waktu lama untuk segera mengambil bagian untuk tugas saya sebagai wakil rakyat,” lanjutnya.  Yang paling utama kata Tjutjuk, sebagai wakil rakyat dia bisa ikut andil  membuat situasi Jawa Timur kondusif, tidak ada gejolak yang berarti dibandingkan Provinsi lain.  

Selain itu prestasi Jawa Timur lewat penghargaan penghargaan dikancah Nasional dan Internasional juga  hal penting yang patut dibanggakannya sebagi  anggota DPRD Jatim. “Kinerja Provinsi Jawa Timur adalah kerjanya Gubernur dan DPRD Jatim, sehingga p penghargaan yang diterima Gubernur Jatim itu adalah muara dari buah kerjasama yang tersinergi antara eksekutif dan legislatif,” ungkapnya.

Meski banyak penghargaan yang diterima Gubernur Jatim tapi tidak berarti bahwa tidak ada masalah di Jatim. Ada saja masalah yang dianggapnya kerikil dalam menata kesejahteraan masyarakat seperti banyaknya wilayah yang masih mengalami disparitas soal sarana dan prasarana serta infrasturktur. “Nah disini tugas saya sebagai anggota Dewan membuat kerikil itu tidak menjadi gelombang yang mengkhawatirkan. Ini menjadii kesan tersendiri selama saya menjadi anggota Dewan,” Ujar beliau.

Terkait persoalan pengangguran adalah  masalah yang harus diselesaikan sebagai sebuah harmoni kerja agar bisa terselesaikan minimal terkurangi. Sehingga semuanya seolah menjadi irama yang indah untuk dinikmati. Ibarat sebuah sajian orchestra yang mampu menjadikan semua elemen musik dimainkan dengan sempurna. “Ya pasti sempurna milik Allah, kita kan hanya berusaha membuat lebih baik,”  ungkap Tjutjuk, disinilah peran sebagai wakil rakyat sedang diuji.

Seberapa peka telinganya untuk mendengar. Seberapa kuat tangannya membuat kebijakan yang berpihak pada kebutuhan rakyat, dan seberapa cerdas wakil rakyat ini mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi rakyat. Ini menjadi sebuah catatan besar yang harus disempurnakan oleh anggota DPRD  Jatim agar bisa bekerja lebih baik lagi dalam membuat aturan, yaitu menghitung dengan cermat  dalam penyusunan dan pembuatan Perda. Sebab dalam prakteknya banyak Perda yang disusun tidak bisa diterapkan dengan baik dan optimal. “Saya berharap kedepan tidak lagi membuat Perda  seperti itu.

Harapannya kedepan Peraturan Daerah itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan baik. Kalau memang  harus ada reward dan  punishmen ya harus ditegakkan dengan baik,” papar beliau mengakhiri pembicaran.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved