Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Wujudkan Anggota Dewan yang Bermanfaat Bagi Rakyat

 
27 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 27/06)

Suara Indrapura : Sangat besar harapan masyarakat ke wakilnya di Dewan,  bagi Agus Maimun adalah tanggung jawab yang  besar yang harus dipikul dan diwujudkan untuk membuat rakyat tersenyum.  Namun  harus diaku beliau merasa belum mampu  melaksanakan dengan maksimal. “Ekspektasi masyarakat  terhadap wakilnya sangat tinggi.  Selama menjadi anggota 2009 - 2014, merasa belum bisa menjawab besarnya harapan masyarakat terhadap peran Dewan  dalam menyelesaikan persoalan rakyat,” ungkap Agus merendah. Padahal  anggota Dewan asal  dapil IX wilayah Bojonegoro dan Tuban  ini sudah melakukan banyak hal untuk dapil yang diwakilinya. 

“Saya bersyukur selama menjadi anggota  Dewan saya sempat menikmati posisi di dua Komisi yang berbeda, yaitu Komisi B dan Komisi D. Maka saya punya banyak kesempatan untuk mewujudkan banyak hal yang dibutuhkan masyarakat baik bidang pertanian maupun pembangunan fisik infrastruktur,”  kata Pria berkulit sawo matang.  

Sebagai wakil dari wilayah yang sering mengalami kekeringan dan kebanjiran yang ekstrim  harusnya  air yang berlimpah bisa dimaksimalkan untuk   mensejahterakan rakyat. Caranya dengan melakukan terobosan  tehnologi pengairan  yaitu pengaturan irigasi yang sistemik, sehingga  air ini bisa termanfaatkan dimasa kekeringan.  Atau dialirkan  ke wilayah  wilayah yang butuh air,” Ungkap beliau.

“Bengawan Solo seharusnya mampu mengairi  lahan pertanian , namun karena jaringan irigasinya  yang  kurang memadai akibatnya jangkauannya  tidak maksimal. Harusnya Pemprov Jatim melihat potensi itu,”  ujar  Agus .

Dibutuhkan 500 embung dan waduk untuk  bisa menjadikan bencana ini jadi anugrah. Tapi sayang   saat ini hanya ada  57 embung dan 10 waduk saja.  Agus optimis  hal ini bisa direalisasikan jika  semua Pihak baik  Pemprov maupun Dewan dan Masyarakat  focus pada arah dan visi yang disepakati. 

Menurutnya semua program  yang sudah disusun harus bermuara pada visi yg telah disepakati bersama, mengajak dialog bersama dengan semua stakeholder untuk menyamakan membicarakan visi  atas arah kebijakan yg sudah disepakati bersama  sehingga sesuai cita cita Jatim yang tertuang dalam RPJP maupun di RPJMD. 

Bagi Agus  saat ini ada tantangan besar yang jadi  PR,  bagi semua pihak, yaitu  upaya  pendidikan politik kepada  masyarakat . Sebab saat ini masayarakat belum sepenuhnya paham batasan  batasan dan kewenangan Dewan itu seperti apa.  “Coba bayangkan sekarang   ini masyarakat selalu berpikir “pokoknya” , maksudnya  mereka  taunya  DPR itu bisa menyelesaikan segala permasalahan. Padahal  di  Dewan  ada komisi komisi yang mengatur sesuai bidangnya masing masing.  Tidak bisa dipukul rata semua  harus bisa,” Papar Agus.

Meski harus diakui bahwa dalam kurun lima tahun  bukan waktu yang panjang untuk mewujudkan  harapan rakyat. Dibutuhkan kesinambungan dan kesungguhan  dalam membangun Jatim jauh lebih baik.  Namun Agus tetap berterimakasih atas dukungan masyarakat, sehingga Jawa Timur  tetap aman dan kondusif. Walaupun beliau merasa  belum optimal melaskanakan tugasnya sebagai anggota Dewan selama kurang lebih lima tahun. “Semoga kesempatan ke depan akan membuat tugas  saya yang masih belum terwujud,  bisa terialisasi,” harapnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved