Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Enjoy Dengan Komisi Bidang Pembangunan

 
27 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 27/06)

Suara Indrapura : Meski memiliki latar belakang sebagai seorang pendidik, bahkan seorang dekan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah di Sampang, namun tidak membuat  diri Zairina minder saat diberi mandat oleh partainya yaitu Hanura untuk duduk di Komisi D yang membidangi  pembangunan. Sebaliknya, Ibu lima putra ini mengaku enjoy karena lewat komisi D inilah dirinya bisa membantu masyarakat Madura yang selalu kekurangan air jika musim kemarau tiba.

Salah satu yang telah digagas yaitu pembuatan pipanisasi di Kecamatan Ketapang Madura. Dimana bersama BPJN V Jatim dan Komisi D ke Jakarta untuk mendapatkan dukungan dana dari APBN. Ini penting karena APBD Jatim tak mampu jika harus membackup semuanya. ‘’Dan Alhamdulillan sudah ada tiga kecamatan masing-masing Ketapang, Robatal dan Karang Penang yang kini sudah dilakukan pipanisasi,’’ tegas perempuan berjilbab ini dengan bersemangat.

Ditambahkannya, jika selama ini masyarakat harus mengeluarkan uang untuk membeli air satu tengki antara Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu yang digunakan untuk mandi, mencuci dan lain-lain antara dua sampai tiga hari. Dengan begitu dapat dibayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan hanya untuk membeli air. ‘’Bagi orang punya uang tidak masalah, bagaimana dengan yang miskin,’’tanya Zairina dengan mencoba mengkalkulasi.

Menurutnya, air merupakan kebutuhan vital. Karenanya, maju tidaknya perekonomian sebuah daerah ditentukan dengan kesediaan air. Mengingat dari air itulah pertanian, perdagangan dan semuanya akan berjalan. Sebaliknya, jika tidak ada air maka dipastikan rakyatnya akan hidup pada garis kemiskinan. ‘’Untuk itulah kami tetap berharap kedepannya Sampang tidak lagi kekurangan air,’’tegas alumus Universitas Darul Ulum Jombang ini.

Berhasil membantu masyarakat lewat pipanisasi, tak membuat Zairina puas. Lebih dari itu, perempuan kelahiran Sampang 14 Juli 1976 terus berjuang menekan disapritas wilayah lewat pembangunan infrasturktur. Menurutnya, selama ini banyak masyarakat diwilayahnya harus  mengeluarkan dana cukup lumayan hanya untuk membawa hasil panennya ke pasar akibat jalan yang dilalui rusak berat. ‘’Kalau ini diperbaiki, maka rakyat akan makmur karena dana yang dikeluarkan sangat minim akibat infrastruktur yang ada cukup bagus,’’lanjutnya.

Namun terlepas dari itu semua, dirinya tetap akan menerima seluruh masukan dari masyarakat terkait program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Bahkan untuk mendapatkan masukan, Zairina rela membuka pintunya lebar-lebar hanya sekedar mendapat masukan dari para konstituen yang memilihnya. ‘’Ini saya lakukan demi menyerap aspirasi masyarakat. Karena saya sadar betul tanpa mereka, saya tidak ada apa-apanya,’’ papar istri M Mahrus Sholeh ini.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved