Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perjuangkan Jalur Aspirasi yang Melembaga

 
16 Juni 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 16/06)

Suara Indrapura : Kesan yang diperoleh politikus vocal ini selama menjadi anggota Dewan masa bhakti 2009 – 2014 adalah belajar banyak hal mengenai masalah kemasyarakatan, urai Ir. Ahmad Subchan, M.Ab. Meringankan beban masyarakat adalah hal utama yang harus dijalani dan dicapai sebagai tugas anggota Dewan selama lima tahun ini, khususnya masyarakat Jawa Timur.

Anggota Dewan dari daerah pilihan (dapil) V meliputi wilayah Kab/Kota Malang dan Kota Batu ini berusaha melaksanakan secara optimal tugas dan wewenangnya untuk kepentingan rakyat, walaupun belum keseluruhan harapan rakyat terpenuhi. Menurut beliau masih sekitar 75% kalau dihitung secara prosentase. Faktor waktu, anggaran dan kondisi juga yang menghambat terealisasinya aspirasi masyarakat.

Menurut beliau mengenai Perda-perda yang ada di Dewan ini adalah sudah banyak produk-produk Dewan yang menjadikan ketentraman, ketenangan dan keteraturan ditengah-tengah masyarakat. Banyak Perda-perda yang menjadi pelopor bagi produk-produk peraturan daerah di Indonesia mulai Perda Pelayanan Publik, Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin, Penyidik Pegawai Negeri Sipil, Pengelolahan dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir & Pulau-Pulau Kecil   dan seterusnya. Semuanya itu adalah produk-produk yang terbaik yang dihasilkan pada periode 2009 – 2014.

Dalam visi dan misi menurut beliau ada kelemahan di dewan, sejak dulu sampai sekarang jalur aspirasi masyarakat masih belum melembaga. Seperti di eksekutif ada musrenbang. Kegiatan musrenbang tersebut sudah melembaga. Diharapkan nantinya setiap anggota Dewan di masing=masing dapil yang sekarang area kekuatannya sama antara jalur aspirasi dewan dan jalur musrenbang, yang satu jalur kelembagaan yang satunya jalur langsung masyarakat. Kalau di rumah-rumah aspirasi yang dimiliki Dewan bisa mengimbangi proses diskusi atau perdebatan tentang pengambilan keputusan. Jadi memperkuat jalur aspirasi masyarakat.Jalur politisnya harus diperkuat. (Fafa)

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved