Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PKB Berikan Tiga Catatan

 
12 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 12/08)

Suara Indrapura :  Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Anisah Syakur mengatakan bahwa, fraksi bergambar bumi dengan sembilan bintang di Jawa Timur  memberikan tiga catatan. FPKB mensetujui Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah, dengan beberapa catatan. Terdapat tiga catatan dari PKB, yaitu catatan atas penggalian sumber pendapatan asli daerah, catatan atas efisiensi belanja daerah, dan catatan mengenai SKPD.

Catatan PKB ini terutama mengenai SKPD, yang mana realisasinya pada triwulan 1 masih dibawah 50% dan mendapatkan tambahan anggaran untuk belanja. Maka itu, diharapkan bisa melakukan upaya yang serius dalam rangka melaksanakan program dan kegiatan yang direncanakan sehingga tidak terjadi gagal pelaksanaan program/kegiatan yang sudah direncanakan.

Ia juga mengatakan bahwa, fraksinya tidak menginginkan bahwa perubahan belanja SKPD tersebut hanya sebagai bentuk rutinitas tahunan. Ssehingga tidak ada keseriusan dalam pelaksanaan belanja tersebut. “Dalam penghitungan kami, apabila realisasi sampai bulan ini masih di bawah 50%, tentu beberapa bulan kedepan akan terjadi penyerapan belanja secara besar-besar. Terkait dengan hal tersebut mohon kiranya tetap menjaga kualitas program atau kegiatan.” papar Anisah.

Pada sektor pertanian dalam pandangan Fraksi PKB, penurunan kontribusi pertanian terhadap PDRB, rendahnya anggaran Pemerintah Daerah Jawa Timur untuk pertanian mengindikasikan pembangunan sektor pertanian masih terpinggirkan di Jawa Timur. Secara ekonomi politik muncul berbagai kebijakan yang dapat merugikan petani dan keberlanjutan sektor pertanian.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih serius dalam penanganan sektor pertanian mengingat pertumbuhan sektor pertanian merupakan arah kebijakan dari penguatan struktur perekonomian,” paparnya. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved