Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Usulan Fraksi Tak Semua Direalisasi Banggar

 
14 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 14/08)

Suara Indrapura :  Adanya masukan dari Komisi-Komisi sangat bagus, namun sayangnya Badan Anggaran tidak bisa merealisasikan perubahan tersebut. Karena Hal ini disebabkan oleh kecilnya potensi anggaran dan adanya beberapa kewajiban belanja yang harus dipenuhi. Kewajiban tersebut antara lain untuk mengganti belanja  tidak terduga yang disebabkan oleh bencana Gunung Kelud.

Anggota Banggar DPRD Jatim, Tjutjuk Sunario saat paripurna DPRD Jatim mengatakan bahwa rencana penggunaan dan pergeseran belanja pada perubahan APBD tahun anggaran 2014 akan digunakan untuk program kepentingan umum dan program pelayanan kepada masyarakat. Dimana meliputi program perbaikan gedung kantor dan rumah sakit akibat bencana Gunung Kelud, banjir maupun puting beliung, peningkatan kinerja ekonomi antar pulau dalam rangka percepatan kewirausahaan menghadapi Asean Economy Community, pengadaan sarana prasaran kesehatan di beberapa rumah sakit. Pemberdayaan masyarakat seperti penutupan lokalisasi Dolly dan Jarak, peningkatan sarana dan prasarana Jembatan Timbang, pelabuhan dan Alarm Early Warning System, fasilitasi seleksi dan rekruitmen program magang ke Jepang. Pelatihan Alih Kerja (bagi korban PHK), program penanganan kemiskinan, dan bantuan keuangan desa untuk peningkatan infrastruktur jalan desa, SMK Mini, dan lain-lain.

Dari pembahasan final Badan Anggaran dengan tim anggaran Pemerintah Daerah pasca laporan Komisi-Komisi dalam rancangan perubahan APBD 2014, didapatkan hasil bahwa pendapatan daerah dalam anggaran ditetapkan sebesar 18 trilyun yang berasal dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan pendapatan sah lainnya.

Selanjutnya, untuk belanja daerah dalam rancangan perubahan APBD 2014, Jawa Timur ditetapkan sebesar 20 trilyun yang digunakan untuk belanja tidak langsung dan belanja langsung. Sedangkan dalam pembiayaan daerah, netto pembiayaan daerah ditetapkan sebesar 1 trilyun 684 milyar 53 juta 794 ribu 143 rupiah 63 sen. Tjutjuk  menambahkan terkait dengan masukan dari Komisi-Komisi maupun fraksi di DPRD kepada pihak pemerintah periode 2009-2014 ini bisa dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk periode yang akan datang, khususnya rekomendasi di Bidang Legeslasi atau pembentukan Peraturan Daerah. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved