Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kembangkan Sistem Penyediaan Air Minum Jatim Lewat Raperda PDAB

 
08 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 08/07)

Suara Indrapura : Raperda tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAB) di Jawa Timur selain untuk memperbarui validitas yuridis, Raperda ini juga dimaksudkan sebagai dasar hukum untuk menambah modal dasar dan perluasan jenis usaha. “Untuk itu terkait Raperda PDAB nantinya bisa mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kawasan umbulan yang membutuhkan modal dasar,” ucap Kusnadi saat paripurna.

Akan tetapi Kusnadi, SH.,M.Hum politikus asal F-PDIP menjelaskan, bahwa terkait kontroversi kawasan umbulan sampai saat ini banyak masyarakat mengeluhkan merasa sulitnya memperoleh sumber air bersih di kawasan tersebut. Perlu diingat bahwa ada warga masyarakat pada 4 kecamatan yaitu Winongan, Gondang Wetan, Grati dan Rejoso yang bergantung pada air umbulan.

Berdasar analisa secara berkala yang dilakukan Puslitbang, sumber daya air Kementerian PU debit sumber air Umbulan memang berkisar 5000 liter/detik. Jika ditambah debit air Tapak atau sekitar sumber air Umbulan hingga di DAS Rejoso akan menjadi 12.000 liter/detik. Meskipun rencana pemanfaatannya hanya sebesar 4.000 liter/detik, itu semua masih bisa dikatakan hanya memanfaatkan limpahan air terbuang ke laut. Namun perlu disadari bahwa hal ini jelas akan berdampak penurunan air tanah dan ini justru akan merugikan petani, petambak, dan masyarakat.

Untuk itu Kusnadi selaku Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim perlu mengingatkan kepada Gubernur Jatim. Agar keberadaan Perda ini nantinya tidak malah merugikan masyarakat sekitar kawasan Umbulan. Harapannya agar Perda tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAB) ini nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum di Jawa Timur. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved