Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Perpustakaan, Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda

 
04 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 04/07)

Suara Indrapura : Pada dasarnya F-PDIP DPRD Jatim menyambut baik terhadap Raperda Perpustakaan yang akan dibahas menjadi Perda. Selain Raperda ini merupakan amanat UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Raperda ini juga nantinya diharapkan dapat meningkatkan minat baca terhadap generasi muda Jawa Timur. Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini generasi muda sudah melupakan minat baca dan lebih menyukai game online, playstation, dan sebagainya.

S. Tarida Hutabarat, SH.,MM anggota F-PDIP mengungkapkan, selama tahun 2009 hingga tahun 2012 jumlah perpustakaan di Jawa Timur telah menunjukan peningkatan. Karena itu keberadaan perpustakaan sangat strategis, khususnya di pedesaan. Sehingga untuk mempercepat permasalahan dan peningkatan jumlah perpustakaan diperlukan payung hukum.

Akan tetapi F-PDIP mempertanyakan sejauh mana kewenangan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi untuk melakukan akreditasi perpustakaan, sebagaimana yang tertuang pada pasal 8 ayat (4), (5), dan (6) tersebut . Selain itu terkait anggaran, bahwa ada alokasi paling sedikit 10 persen dari anggaran fungsi pendidikan akan tetapi angka tersebut tidak ditemukan dalam pembahasan Raperda diatas, lanjut Tarida.

Lebih jauh dipertanyakan Tarida, nantinya dalam Perda ini sejauh mana akan mampu meningkatkan kerja sama antara Perpustakaan Daerah Provinsi dengan perpustakaan lain, baik milik Pemerintah Kabupaten/Kota maupun milik swasta. Akan tetapi tidak lepas dari itu semua, FPDIP DPRD Jatim berharap Perda Perpustakaan ini  nantinya bisa meningkatkan minat baca pada kalangan generasi muda. Sehingga menciptakan generasi yang berpengetahuan, baik pengetahuan dalam negeri maupun pengetahuan luar negeri. Harap politisi kawakan ini. (rofik) 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved