Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PA FP-Gerindra : Perda Mihol Perlu Atur Golongan Minuman Beralkohol

 
15 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 15/07)

Suara Indrapura : Berdasarkan penggolongan minuman beralkohol, golongan B dan C adalah kelompok minuman keras yang produksi dan penjualannya berada dalam pengawasan pemerintah dan harus memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Menurut Ir. H. Tjutjuk Sunario, MM asal Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim menjelaskan, peraturan tentang peredaran minuman beralkohol di Indonesia hanya dilarang diedarkan ditempat umum. Kecuali  hotel, bar, restoran, dan di tempat tertentu lainnya yang ditetapkan oleh Bupati/Walikota, Kepala Daerah Tingkat II. Serta jenis atau produk minuman beralkohol yang boleh beredar yang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan dan Perindustrian, papar Ketua F-Partai Gerindra ini.

Selain itu, masih papar Tjutjuk, minuman beralkohol yang diimport diawasi peredarannya oleh negara. Dalam hal ini diamanatkan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Departemen Keuangan,disamping MMEA (Minuman Mengandung Ethyl Alkohol) Import, Bea Cukai juga memiliki kewenangan untuk mengontrol secara penuh pendirian pabrik MMEA dalam negeri.

Lebih lanjut juru bicara Fraksi Gerindra menambahkan, minuman beralkohol yang berasal dari import hanya dapat diimport dari pelaku usaha yang memiliki izin import dari Menteri Perdagangan. Peredaran minuman berakohol itu hanya dapat dilakukan setelah memiliki izin dari kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Oleh karena itu telah ditegaskan dalam Peraturan Presiden No 74 Tahun 2013, bahwa minuman beralkohol yang berasal dari produksi dalam negeri atau asal import harus memenuhi standar mutu produksi yang ditetapkan oleh Menteri Perindustrian, tegas Tjutjuk. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved