Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Keberadaan Perda PDAB Tingkatkan Kuantitas Air

 
16 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 16/07)

Suara Indrapura : Sejalan dengan UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa sumber daya air, dimana menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat secara adil,  hal ini terucap juru bicara F-PPP saat Rapat Paripurna.

Moch. Ibrahim Adib, SH menegaskan, berdasarkan di lapangan penggunaan sumber daya air pada akhir-akhir tahun ini tidak terjadinya keseimbangan antara peningkatan kuantitas air yang diinginkan dengan realitas kualitas air yang terjadi. Kejadian krisis air bersih yang melanda sebagian besar kota-kota dibangsa ini merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah provinsi untuk mengatasinya.

Politisi yang maju dari Dapil Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi ini melanjutkan, bahwa upaya pemerintah untuk menangani kasus tersebut semestinya sudah tercermin dalam UU RI No 7 Tahun 2004 Bab II pasal 21 tentang konservasi sumber daya air yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan keberdayaan daya dukung,daya tampung dan fungsi sumber daya air, paparnya.

Mestinya BUMN dan BUMD, masih jelas Adib, merupakan penyelenggara pengembangan sistem penyediaan air minum, namun dalam Undang-Undang yang sama pasal 45 ayat 3 disebutkan bahwa pengusahaan sumber daya air dapat dilakukan oleh perorangan, Badan Usaha atau kerja sama antara badan usaha berdasarkan izin pengusahaan dari opemerintah atau pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.

Oleh karena itu kegiatan konservasi atau perlindungan dan pelestarian sumber daya air bisa dilakukan untuk kelangsungan fungsi serapan air dan daerah tangkapan air pengendalian pemanfaatan sumber air pengisian air pada sumber pengaturan prasarana dan sarana sanitasi perlindungan sumber air, sehingga dengan adanya Perda Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) ini nantinya bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas air bersih bagi masyarakat Jawa Timur, tegas jubir F-PPP DPRD Jatim. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved