Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perlu Payung Hukum Dalam Perda Pengendalian Minuman Beralkohol

 
23 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 23/07)

Suara Indrapura : Berdasarkan fakta empirik yang ada menunjukan bahwa pada akhir 2013 hingga Maret 2014 telah terjadi beberapa peristiwa menonjol mengenai penyalagunaan minuman beralkohol  yang mengakibatkan 40 orang telah menjadi korban tewas secara konyol, jelas Islan Gatot Imbata.

F-PDIP DPRD Jatim melalui juru bicaranya mengatakan, fakta tersebut diatas secara asas hukum eksternalitas seolah-olah mewajibkan campur tangan pemerintah agar membuat payung hukum. Termasuk peraturan Daerah untuk mencegah kasus serupa berulang makin masif, dan Peraturan Daerah ini diharapkan akan mampu memberi sanksi administratif dan pidana yang akan memberi efek jera kepada para pelaku baik pembuat. Pengedar maupun mereka yang mengkonsumsinya atau dengan frasa kata lain “Kertertiban umum dan ketentraman masyarakat juga diamanatkan di beberapa perundang-undangan,” tandasnya.

Disisilain, masih terang Islan yang maju dari Dapil VI ini mengatakan, sesuai putusan MK Nomor 42P/HUM 2013 tertanggal 18 Juni 2013 menegaskan bahwa Pemerintah Daerah diperintahkan untuk segera membentuk peraturan Daerah dalam rangka mengendalikan dan mengawasi minuman beralkohol sebagai upaya menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Ditambahkan Islan, Fraksinya menyambut baik sikap Badan Legislatif yang menafsirkan secara bijak Perpres No 74 Tahun 2013, meskipun Perpres ini tidak menyebutkan kewenangan Pemerintah Daerah (baik provinsi maupun Kabupaten/Kota), seperti kewajiban moral institusional memang harus di telaah cermat terhadap Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 pasal 13 ayat(1) huruf c dan huruf e yang mana didalamnya diamanatkan bahwa Pemerintah provinsi untuk menyelenggarakan urusan wajib dalam bidang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta penanganan bidang kesehatan,” papar politisi kawakan tersebut. (rofik) 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved