Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Ketergantungan Desa Terhadap Kota Semakin Tinggi

 
09 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 09/07)

Suara Indrapura :  Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Jatim terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Laporan Pertanggung-Jawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2013 menjadi Peraturan Daerah Provinsi Jatim, menyisakan beberapa catatan.

Kodrat Sunyoto jubir Golkar menyampaikan ada beberapa catatan terkait kinerja Pempov Jatim di tahun 2013. Selain masalah anggaran ada pula catatan pengangguran, masalah kemiskinan, ketimpangan pendapat, masalah pengakuan terhadap MADIN, capaian IPM, NTP, NYN serta ancaman putus sekolah. “Termasuk pengelolaan asset yang selalu menjadi catatan BPK RI.” tandasnya.

Selain itu wilayah Jatim sangat luas dan terbesar, 38 kab/kota. Dimana sebagian besar kekuatan APBD-nya kecil, PDRB perkapita rakyat juga rendah. Karena itu, ketergantungan desa terhadap kota semakin tinggi dan budaya kota besar semakin menguat berkembang di desa. Sementara ekonomi  pedesaan bergerak lamban.

“Sementara penurunan produksi padi, jagung, kedelai, palawija, dan holtikultural pada tahun 2013 merupakan bukti bahwa jumlah rumah tangga petani tanaman pangan selalu berkurang setiap tahun dan beralih menjadi pekerja disektor informasi perkotaan karena tidak ada lagi lapangan pekerjaan yang tersedia di wilayah pedesaan,” terangnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved