Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Badan Legislasi Daerah Bantah Transaksi Penghapusan Pasal

 
04 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 04/07)

Suara Indrapura : Adanya isu transaksi penghapusan sejumlah pasal dalam Raperda Pengendalian Mihol yang saat ini sedang dibahas Badan Legislatif (baleg) DPRD Jatim terbantahkan. Ketua Balegda, Zainal Arifin mengungkapkan, “bisa kami pastikan kabar ini tidak benar, dan tidak ada upaya semacam itu. Ini masa akhir jabatan kami (periode 2014-2019), kami ingin mengakhirinya dengan khusnul khotimah.”

Banyak dari berbagai pihak yang tidak menginginkan adanya pembatasan dalam distribusi miras, dan berharap Perda tersebut diberlakukan. Zainal menegaskan,  ada gelontoran sejumlah rupiah untuk membelokkan pengaturan  peredaran miras atau mihol. Tujuannya agar penjualan tak dilarang di tempat rekreasi dan hiburan umum yang ada di seluruh Jatim, dan agar hanya miras tradisional seperti cukrik yang diatur dalam Perda.

Namun, Zainal dengan tegas membantah bahwa yang diatur dalam pembahasan Raperda ini hanya mihol tradisional seperti cukrik, “semua yang mengandung alkohol akan diatur.”

Dalam proses penyelesaian Raperda, pihaknya mengaku meminta masukan dari sejumlah elemen masyarakat. Mulai dari NU, Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga pengusaha. “Semua kami minta masukanya. Karena persoalan miras ini harus dikawal oleh seluruh elemen masyarakat jatim,” terangnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved