Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Seluruh Fraksi DPRD Jatim Setujui Raperda Perpustakaan dan PDAB Jadi Perda

 
16 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 16/07)

Suara Indrapura : Setelah adanya nota penjelasan dari Gubernur Jatim beserta Komisi C dan E DPRD Jatim. Akhirnya 10 Fraksi di DPRD Jawa Timur menyetujui dua  Raperda Perpustakaan dan Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) menjadi Peraturan Daerah.

Juru bicara Fraksi Hanura Damai, Ir. Marcus Remiasa, SE. M.Si mengatakan, pemerintah mendelegasikan kewenangan kepada BUMD atau Perusahaan Daerah Air Bersih untuk memelihara kelestarian sekaligus mengelola sumber air secara profesional. Kewenangan itu sekaligus dapat mendatangkan manfaat ekonomis kepada daerah.
Oleh karena itu, tanggung jawab tersebut harus dapat diatur dengan baik. Salah satunya dengan perda tentang perusahaan daerah air bersih.

Perda ini akan menjadi dasar bagi Pemerintah Provinsi dalam menjalankan kebijakan yang berpotensi menambah pendapatan dan mengembangkan perkonomian daerah. Meskipun menyetujui Raperda tentang Perusahaan Daerah Air Bersih, Fraksi Hanura Damai mengingatkan kepada pemerintah bahwa untuk meningkatkan pendapatan daerah tidak harus dengan cara menaikkan tarif. Karena hal ini akan memberatkan masyarakat. Meningkatkan pendapatan daerah dapat diperoleh dengan melakukan efisiensi pengelolaan air bersih.

Fraksi Hanura juga sependapat dengan Pandangan Komisi E tentang diperlukannya klausul pengaturan tentang koleksi perpustakaan berbasis teknologi informasi. Klausul tersebut dibutuhkan dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved