Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pembahasan Raperda tentang Pengendalian Peredaran NAPZA

 
21 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 21/07)

Suara Indrapura :  Alkohol dalam masyarakat Indonesia disebut sebagai Minuman Keras (Miras) adalah jenis NAPZA dalam bentuk minuman yang mengandung alkohol tidak peduli kadar alkohol didalamnya. Alkohol atau Miras merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat budaya masyarakat barat dan selalu hadir dalam berbagai pertemuan dan acara-acara seremonial.

M. Syamsul Arifin, anggota Fraksi Hanura Damai yang menyampaikan pendapat akhir terhadap Raperda Inisiatif DPRD tentang Pengendalian Peredaran Minuman Beralkohol di Jawa Timur mengatakan, “Dalam konteks kebudayaan Indonesia, alkohol dalam beberapa bagian suku bangsa juga menjadi budaya sebagian masyarakat Barat. Namun secara mayoritas budaya minum-minuman beralkohol ini bukan menjadi budaya masyarakat Indonesia.”

Sebagai negara yang mayoritas beragama Islam, bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa jika setetes alkohol dalam minuman hukumnya sudah haram. Namun demikian keberadaan alkohol seperti methyl alcohol dapat digunakan untuk kepentingan industry dan obat-obatan, yang berbahaya adalah jika dioplos menjadi minuman keras yang tidak bertanggungjawab. Harapan kami dengan adanya Perda ini, maka pengaturan tentang penggunaan alkohol menjadi lebih terkontrol.

Raperda Inisiatif tentang Pengendalian  Peredaran Minuman Beralkohol,  yang diusulkan Badan Legislasi Daearh DPRD Provinsi Jawa Timur, telah mengalami tahapan pembahasan. Keberadaan Raperda ini telah memenuhi hirarki perundangan, mengacu keada Peraturan Presiden No. 74 Tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol. “Minuman beralkohol memiliki dampak signifikan dalam merusak kehidupan generasi muda di Jawa Timur jika tidak diatur dengan bailk,” ungkapnya.

Ditambahkan M. Syamsul Arifin, Fraksinya menyambut baik keberadaan Perda Pengendalian Peredaran Minuman Beralkohol terhadap stakeholder di Provinasi Jawa Timur sangat diperlukan. Raperda yang diusulkan Banleg ini tentu sangat bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai payung hukum dalam menjalankan roda pemerintahan dalam mengendalikan dan mengawasi minuman beralkohol yang telah memberikan pengaruh negatif dikalangan anak muda di Jawa Timur. (Novan)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved