Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pendapat Akhir Fraksi PKB Tentang Raperda Minuman Beralkohol

 
18 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 18/07)

Suara Indrapura :  Raperda tentang Pengendalian dan Pengawasan Peredaraan Minuman Beralkohol menjadi satu-satunya Prolegda Badan Legislasi DPRD Provinsi Jawa Timur Tahun 2014. Hal ini patut diapresiasi karena Raperda tersebut akan memberikan rambu-rambu larangan dan aturan peredaran minuman beralkohol di Jawa Timur.

Menurut Dra. Hj. Kartika Hidayati, MM,  juru bicara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa sebagai Fraksi pengusul Raperda tersebut, “kami telah cukup banyak memberikan kontribusi dalam proses dan materi pembahasan sejak awal sampai dengan menjelang pelaporan Pansus Pembahasan tertanggal 14 Juli 2014 yang lalu. Selain itu, diadakannya acara publik hearing dengan tokoh-tokoh masyarakat, sebagaimana amanat UU No.12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat patut menjadi masukan yang berharga, antara lain tentang judul Raperda menjadi Raperda Larangan Minuman Beralkohol.

Demikian juga konsultasi Balegda Provinsi Jawa Timur ke Balegnas DPR RI di Jakarta, juga memberikan masukan bahwa Raperda Mihol perlu diubah judulnya menjadi Raperda tentang Larangan Minuman Beralkohol dengan disertai Rancangan UU tentang Larangan Minuman Beralkohol. Lebih lanjut HJ. Kartika Hidayati mengatakan, dari satu aspek memang benar, bahwa RUU milik Balegnas tersebut masih dalam posisi Rancangan dan belum dapat dijadikan sebagai sumber hukum bagi Raperda Jawa Timur, disamping belum final dan belum dibahas dengan pihak pemerintah dan waktunya juga belum jelas kapan akan selesai.

Namun demikian, Fraksi PKB pada dasarnya sejalan dengan aspirasi yang berkembang dalam hearing tanggal 3 Juli 2014 yang lalu tentang perlunya mengubah judul Raperda menjadi Raperda Larangan Minuman Beralkohol. Demikian juga masukan dari Balegnas DPR RI tersebut judul Raperda layak dipertimbangan oleh Balegda Provinsi Jawa Timur.

Dengan pertimbangan tersebut, maka Fraksi PKB mengusulkan agar judul Raperda diubah menjadi Raperda tentang Larangan Minuman Beralkohol dan di dalamnya tetap ada pengaturan yang berbentuk pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol.  Sehingga dengan demikian akan menjadi 2 BAB, dimana yang satu berupa Larangan dan 1 BAB yang lain menjadi Pengendalian dan Pengawasan,” Paparnya. (Novan)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved