Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PAPBD Jatim Untuk Pemberdayaan Masyarakat Dolly

 
24 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 24/07)

Suara Indrapura :  Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Jatim melakukan pembahasan Rancangan Perubahan APBD Jatim tahun anggaran 2014, setelah laporan Komisi-Komisi bersama jajaran SKPD. Sehingga diperoleh masukan sebagai rekomendasi atas usulan Komisi. Anggota Bangar, Tjutuk Sunaryo mengatakan, untuk menunjang program pelayanan pada masyarakat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia dalam Perubahan APBD tahun 2014.

"Dengan kata lain kebutuhan yang urgen sifatnya untuk kepentingan umum menjadi prioritas, sehingga tidak semua usulan SKPD tertampung atau usulan Komisi-Komisi dapat tertampung," terang Tjutjuk.

Selain itu dalam PAPBD muncul biaya tidak terduga karena terjadinya bencana letusan Gunung Kelud. Selain itu ada rencana pengeseran untuk optimalisasi belanja pada perubahan APBD untuk program kepentingan umum dan program pelayanan masyarakat. Seperti, pemberdayaan masyarakat ex penutupan lokalisasi Dolly dan Jarak. Peningkatan kinerja ekonomi antar pulau dalam rangka percepatan kewirausahaan menghadapi Asean Economic Community. Peningkatan sarana dan prasarana jembatan timbang, pelabuhan dan alarm early warning system, dan sebagainya. 

Berdasarkan pendapatan daerah APBD TA 2014, sebesar Rp18,543 trilyun yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sementara Rancangan Perubahan APBD TA 2014 menjadi Rp20,227 trilyun yang dipergunakan untuk belanja tidak langsung dan belanja langsung. "Belanja tidak langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan gaji pegawai, belanja hasil kabupaten/kota, belanja tidak terduga,  belanja bantuan sosial dan belanja bantuan keuangan kepada Kabupaten/Kota," ujar dia. (Bintang) 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved