Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Bahas Raperda Perfilman Jatim

 
11 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 11/07)

Suara Indrapura : Sebagaimana diketahui, Raperda tentang Pembangunan dan Pemberdayaan Perfilman Jatim merupakan usulan dari Komisi B (perekonomian) yang sempat menjadi debat antar Fraksi di DPRD Jatim, terkait urgensinya pembahasan Raperda tersebut. Namun akhirnya menjadi salah satu usulan Raperda dari belasan Raperda Inisiatif DPRD Jatim. Pada kesempatan itu, Ketua Komisi B DPRD Jatim, Agus Dono Wibowo menegaskan Raperda ini diharapkan mampu melindungi kebutuhan muatan local Jawa Timur. Sebab, dengan muatan local, maka potensi Jatim akan lebih memiliki daya saing di dunia internasional.

Dalam sidang paripurna mendengarkan jawaban Fraksi DPRD Jatim masa persidangan II tahun 2014 terhadap Pendapat  Gubernur Jawa Timur atas Raperda Inisiatif DPRD Jatim, Jum’at (11/7). Imam Sunardhi, Ketua DPRD Jatim menyampaikan  penetapan Raperta tentang  Pemberdayaan Perfilman ini, hendaknya dapat seiring dan menyakinkan  turut serta kontribusi  dalam pencapaian target. “Tentu dalam hal ini benar-benar mengatur pengembangan potensi  perfilman di Jatim. Utamanya produk film local sekaligus pengembangan  industri kreatif,” terangnya.

Imam Sunardi juga menyampaikan, film merupakan karya seni budaya yang berfungsi  sebagai media komunikasi massa yang membawa pesan kepada public  dan mempunyai daya pengaruh besar. Baik dalam fungsi pendidikan, hiburan,  informaasi dan pendorongan karya kreatif. Serta memiliki fungsi ekonomi  yang mampu memajukan kesejahteraan masyarakat. “Berdasarkan undang-undang perfilman memberikan kewajiban kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi pembangunan dan pemberdayaan perfilman  yang belum berjalan maksimal.” urainya.

Oleh karenanya, usulan Raperda harus dipertajamkan baik mengenai maksud serta tujuan. Sehingga yang dilakukan sebisa mungkin tidak lagi kraetif tapi lebih kearah prefentif. Diharapkan nantinya ketika dijalankan  Perda ini dapat berjalan maksimal.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved