Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PAPBD Jatim TA 2014 Perlu Tingkatan Pertumbuhan Ekonomi

 
22 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 22/07)

Suara Indrapura : Keberadaan anggaran pada APBD Provinsi Jawa Timur dapat dipahami sebagai fungsi stimulasi dan fasilitasi untuk memobilisasi sumber daya lain, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat dalam rangka mewujudkan kinerja agregat sebagaimana yang dicita-citakan dalam RPJMD 2009-2014 dan RPJMD periode berikutnya.

Juru bicara Fraksi Partai Golkar Dr. H. Kodrat Sunyoto, SH, M.Si menjelaskan, keberadaan P-APBD Tahun 2014 dapat diwujudkan karena terdapat SILPA 2013, perubahan asumsi Pendapatan Daerah, serta pergeseran belanja antar jenis belanja, antar kegiatan dan program SKPD. Pada P-APBD Th.2014 tampaknya lebih diprioritas pada upaya memenuhi belanja wajib dan program/kegiatan yang mampu menstimulus target kinerja RKPD Tahun 2014, dalam rangka memenuhi pelayaran dasar masyarakat, mengakomodir dinamika masyarakat, efisiensi belanja daerah, dan optimalisasi capaian target program dan kegiatan.

Lebih lanjut juru bicara Fraksi Partai Golkar mengatakan, Kinerja utama pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I Tahun 2014 sebesar 6,40 persen sebenarnya belum mampu menyerap tenaga kerja secara signifikan, karena PDRB lebih banyak ditopang sector konsumsi dan sector jasa, sementara kontribusi sector pertanian dan industri pengolahan terhadap PDRB yang semakin menurun setiap tahunnya, sehingga makin sulit diharapkan kedua sektor tersebut untuk bergerak maksimal.

Patut dicermati bahwa “ketergantungan desa semakin tinggi terhadap kota, dan budaya kota besar semakin menguat berkembang di desa, begitu pula ekonomi perdesaan menjadi lamban dalam bergerak dan tidak dapat mengimbangi ekonomi perkotaan seta perkembangan bisnis modern yang sangat cepat.”Ujar Kodrat.

Ditambahkan Kodrat, penganggaran terhadap infrastruktur di Jawa Timur agar mendapat prioritas dan perhatian, seperti penyelesain jalan lintas selatan (JLS) dan perbaikan kondisi jalan yang tidak mantap. Begitu pula pentingnya menjalin kebersamaan dan hubungan antara Pemerintah Provinsi dengan FORPIMDA agar dapat tercipta kondisi yang makin kondusif.

Oleh karena itu Fraksi Partai Golkar berharap agar “penyelenggaraan Pemerintah Daerah mampu memberikan kinerja yang signifikasi bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu memberikan peran yang lebih besar lagi kepada masyarakat agar dapat mendekati keseimbangan kesejahteraan,”Papar Kodrat.(Nonik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved