Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

F-PAN Setuju Raperda PDAB dan Perpustakaan

 
11 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 11/07)

Suara Indrapura : Diajukannya Raperda PDAB dari sisi yuridis, terutama seiring terjadinya perubahan peraturan ditingkat lebih tinggi, yaitu undang-undang Nomor 7 tahun 2004 tentang sumberdaya air dan peraturan pemerintah nomer 16 tahun 2005 tentang pengembangan system penyediaan air minum, mengingat adanya perubahan substansial maka terlebih dahulu dilakukan pencabutan seiring dengan disusun dan akan diterbitkannya perda yang baru.

Ali Mu’ti, SE, M.EI sebagai juru bicara Pendapat Akhir Fraksi dari Fraksi Partai Amanat Nasional terhadap Pembahasan/Penetapan Raperda tentang Perusahaan Daerah Air Bersih dan Raperda tentang Perpustakaan menjelaskan, usulan Raperda PDAB Jatim ini  dilandaskan pada perkembangan empirik perkembangan kebutuhan layanan air bersih maupun perkembangan usaha layanan PDAB Jatim yang saat ini telah berkembang cukup pesat dan beragam, sementara ketersediaan modal usaha yang dimiliki PDAB Jatim sendiri, kini dirasakan sangat minim sehingga dinilai sangat penting dilakukan peningkatan dukungan modal usaha yang lebih signifikan.

Untuk itu harus membutuh modal besar, modal dasar PDAB jatim Lima Milyar Rupiah, dan akan ditambah menjadi Lima Ratus Milyar Rupiah  yang pemenuhannya akan dilakukam secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, agar kinerja dan akuntabilitas kinerja PDAB Jatim terus dapat di tingkatkan, maka melalui Raperda ini struktur organisasi dan manajemen PDAB Jatim pun sangat urgen untuk diperbaiki dan diperkuat. Ujarnya.

Lebih lanjut Ali Mu’ti mengatakan, Fraksi PAN DPRD Jatim telah memberikan apresiasi dan dukungan agar usulan Raperda PDAB Jatim ini dapat sukses bersama dalam rangka memperkuat posisi dan peran PDAB Jatim sebagai bagian dari BUMN dan sebagai kekuatan motor penggerak pembangunan di Jawa Timur.

Selain itu, masih tutur Ali Mu’ti,  sejalan dengan adanya visi “Jawa Timur Membaca dan Tertib Arsip Tahun 2014, keberadaan perpustakaan di Jatim makin penting dan strategis untuk menjadikan masyarakat semakin kreatif dan lebih produktif di masa depan, terlebih lagi dengan sasaran baru untuk memperkuat bertumbuhnya-berkembangnya perpustakaan Desa/Kelurahan yang menjadi icon dari program kerja Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Kemudian secara empiric desa/kelurahan sejawa timur telah mencapai sebanyak 8.506, sehingga tahun 2013 baru terbentuk sebanyak 2.130 perpustakaan desa/kelurahan. Kemudian target tahun 2014 ini diharapkan dapat tercapai 50% atau sekitar 4.253 perpustakaan desa/kelurahan. Jelasnya.

Dimana keberadaan perda tentang perpustakaan sangat strategis untuk dijadikan landasan dan sekaligus batu loncatan memberdayakan segenap pemangku kepentingan untuk memperkuat partisipasi dan dukungan dalam mewujudkan upaya mencerdaskan bangsa. Dan agar beban target kinerja yang besar dapat terwujud lebih cepat, Fraksi PAN DPRD Jatim menyarankan agar badan perpustakaan prov.jatim pada setiap tahunnya menggelar “Gerakan Sejuta Buku” untuk memperkuat keberadaan perpustakaan desa/kelurahan di seluruh Jawa Timur, “Papar Ali Mu’ti.

Juru Bicara dari Fraksi PAN menilai, usulan dan kesepakatan ini layak diapresiasi dan ditindak lanjuti, bahwa layanan perpustakaan merupakan bagian integral dari layanan public yang sangat mendasar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga seluruh elemen masyarakat, swasta dan pemerintah sangat urgen memperkuat sinergi, partisipasi dan dukungan baik dalam pembiayaan maupun peningkatan prasarana maupun fasilitasnya. Maka dari itu Raperda Perusahaan Daerah Air Bersih dan Raperda Perpustakaan ini mampu meletakkan landasan visi dan arah yang jelas, tegas dan konstruktif.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved