Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Rediscuss PAPBD Jatim Anggaran 2014

 
21 Juli 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 21/07)

Suara Indrapura : Kebijakan terhadap Perubahan APBD disebabkan terjadinya perkembangan Kebijakan PAPBD merupakan bagian dari kebijakan penting dan mendasar, karena melalui kebijakan ini dapat mempengaruhi perkembangan pembangunan yang berkelanjutan di Jawa Timur.

Juru bicara Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Jatim Drs. H. Sudono Syueb, M.Si, MH menjelaskan, anggaran pendatan dalam rancangan PAPBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2014 akan terjadi peningkatan 900 miliyar lebih, dimana sisi peningkatan terbesar terletak pada anggaran pendapatan yang berasal dari PAD. Dari sisi anggaran belanja, dari 24 urusan yabg terdiri atas 19 urusan wajib dan 5 urusan pilihan, pihaknya mencermati akan terdapat sebanyak 13 urusan yang akan memperoleh kenaikan alokasi anggaran dalam PAPBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2014. Sedangkan 11 urusan lainnya akan mengalami penurunan anggaran.

Lebih lanjut juru bicara Fraksi PAN menilai, berpijak pada data perangkaan perubahan alokasi anggaran belanja yang telah disusun, sedang perubahan alokasi anggaran sektoral yang dilakukan dalam PAPBD Provinsi Jawa Timur tahun anggara 2014 belum menunjukkan kebijakan alokasi anggaran yang proposional, adil dan merata, serta sesuai dengan persoalan maupun tantangan riil yang tengah terjadi di lapangan.

Oleh karena itu seriring kebijakan perubahan anggaran antar sektoral/urusan yang kurang proposional, tidak merata, adil dan bahkan kurang rasional, maka Fraksinya meminta agar kebijakan alokasi anggaran antar sektor/urusan yang telah disusun dan diajukan ke Dewan sebaiknya dirumuskan ulang dengan salah satu batasan prinsipiil yakni “kenaikan anggaran belanja setiap urusan tidak boleh melebihi besaran peningkatan total pendapatan daerah pada PAPBD Jatim 2014, kecuali memang ada kebutuhan yang benar-benar tidak dapat dihindari akibat adanya situasi kondisi yang memaksa”. Ujar Sudono.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved